Memacu Ekspor Furniture dari Hulu Bahan Baku

Industri mebel dan furniture berfokus merebut peluang di pasar ekspor. Namun, persoalan bahan baku masih menjadi tantangan.

Afiffah Rahmah Nurdifa

18 Des 2023 - 19.17
A-
A+
Memacu Ekspor Furniture dari Hulu Bahan Baku

Saat ini, Indonesia masih di ranking 17 dalam hal ekspor furniture, di bawah Vietnam dan Malaysia. - Foto BID

Bisnis, JAKARTA—Industri mebel dan furniture berfokus merebut peluang di pasar ekspor. Namun, persoalan bahan baku masih menjadi tantangan.

Ketua Umum Asosiasi Industri Permebelan dan Kerajinan Indonesia (Asmindo) Dedy Rochimat mengatakan potensi pasar global mencapai US$766 miliar. Sedangkan, Indonesia baru masuk di angka US$2,8 miliar pada 2022.

Asmindo berharap dapat meningkatkan nilai ekspor hingga 20% pada 2024.

Di sisi lain, ekspor furnitur RI di Asean hanya sebesar US$196 juta pada 2022 dari potensi pasar Asean sebesar US$14,5 miliar. Pada semester pertama tahun ini, pendapatan ekspor mebel mencapai US$1,2 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur
company-logo

Lanjutkan Membaca

Memacu Ekspor Furniture dari Hulu Bahan Baku

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.