Memacu Kemandirian Industri Farmasi

Sejumlah produsen farmasi mengantisipasi kemungkinan terjadinya gangguan rantai pasok atas bahan baku obat di antaranya dengan mengubah kebijakan supply chain management dan investory management.

Redaksi

9 Apr 2022 - 06.19
A-
A+
Memacu Kemandirian Industri Farmasi

Vaksin Covid-19 Sinovac./Antara

Importasi bahan baku obat dikhawatirkan terganggu pasca-keputusan Pemerintah China menutup sejumlah wilayah guna mengantisipasi penyebaran Covid-19 lebih luas. Untuk itu, produsen farmasi harus mengantisipasinya dengan mempersiapkan manajemen stok.

Di sisi lain, isu ketergantungan tinggi terhadap impor bahan baku obat harus segera dicarikan solusinya karena sampai saat ini Indonesia masih mengimpor 70%-80% kebutuhan dari China dan India.

Dampaknya, apabila dua negara tersebut membuat kebijakan lockdown yang dapat menghambat pengiriman barang ke luar negeri, pasokan industri farmasi nasional diperkirakan dapat terganggu.

Sebagaimana diketahui, kasus positif Covid-19 di China terus meningkat selama sepekan ini. Bahkan pada Kamis (07/04/2022), China mencatat penambahan kasus baru Covid-19 sebanyak 25.594 orang, yang merupakan rekor harian tertinggi sejak 24 Januari 2020. Atas kondisi tersebut, Pemerintah China menutup sejumlah wilayah dengan kasus positif tinggi salah satunya Shanghai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: M. Syahran W. Lubis
company-logo

Lanjutkan Membaca

Memacu Kemandirian Industri Farmasi

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.