Memacu Pahlawan Devisa Industri Pengalengan Ikan

Industri pengalengan ikan termasuk salah satu sektor berorientasi ekspor dengan sumbangan devisa yang meningkat. Namun demikian, nilai impor komoditas berkode HS 1604 ini juga menunjukkan peningkatan.

Fatkhul Maskur

22 Okt 2023 - 20.09
A-
A+
Memacu Pahlawan Devisa Industri Pengalengan Ikan

Pasific Harvest memproduksi ikan sarden dan tuna dengan kapasitas produksi sebanyak 24.000 ton per tahun, dan persentase ekspornya sebesar 65%-80%. Saat ini, utilisasi perusahaan sudah 60%. - Foto Pasific Harvest

Bisnis, JAKARTA— Kementerian Perindustrian berambisi memacu Indonesia masuk lima besar negara eksportir produk perikanan dalam kaleng terbesar di dunia. Perlu bekerja keras untuk menggandakan nilai pengapalan komoditas berkode HS 1604 itu.

Industri pengalengan ikan termasuk salah satu sektor berorientasi ekspor dengan sumbangan devisa yang meningkat sejak dua tahun terakhir. Namun demikian, nilai impor komoditas berkode HS 1604 ini juga menunjukkan peningkatan.

“Indonesia termasuk ke dalam 10 negara terbesar eksportir produk perikanan dalam kaleng di dunia,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita pada acara pelepasan ekspor ikan sarden dan tuna dalam kaleng CV Pasific Harvest di Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (19/10/2023).

Menperin menyebutkan, terdapat 70 industri pengalengan ikan skala besar dengan total produksi sebesar 308.000 ton pada 2022. Industri pengalengan ikan juga merupakan sektor padat karya yang telah menyerap tenaga kerja hingga 29.500 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
company-logo

Lanjutkan Membaca

Memacu Pahlawan Devisa Industri Pengalengan Ikan

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.