Memacu Pembiayaan Syariah Demi Entaskan Masalah Bom Waktu Backlog Perumahan

Dalam beberapa tahun terakhir, pembiayaan tempat tinggal atau KPR syariah terus dilirik oleh para pencari rumah. Hal ini dikarenakan pembiayaan KPR syariah bersifat fixed rate sampai akhir periode pembiayaan sehingga membuat perencanaan keuangan rumah tangga jadi lebih baik.

Yanita Petriella

19 Feb 2024 - 23.31
A-
A+
Memacu Pembiayaan Syariah Demi Entaskan Masalah Bom Waktu Backlog Perumahan

Salah satu perumahan yang dibiayai BTN. /dok Bisnis.

Bisnis, JAKARTA – Minat pembelian hunian tempat tinggal melalui skema pembiayaan perbankan syariah terus meningkat. Tren pembiayaan ini berpotensi besar untuk dikembangkan oleh pelaku industri keuangan atau perbankan syariah. 

Terlebih, merujuk laporan Survei Harga Properti Residensial (SHPR) Kuartal IV tahun 2023 yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia, skema pembiayaan utama yang dipilih konsumen dalam pembelian rumah primer yakni kredit pemilikan rumah (KPR) dengan pangsa sebesar 75,89% dari total pembiayaan, diikuti oleh pembayaran tunai bertahap sebesar 17,24%, dan tunai mencapai 6,73%.

Berdasarkan data Statistik Perbankan Syariah (SPS) Otoritas Jasa Keuangan (OJK), pembiayaan untuk pemilikan rumah tinggal bank umum dan unit usaha syariah pada November 2023 mencapai Rp130,9 triliun. Angka ini meningkat secara year-on-year (YoY) dari periode yang sama tahun 2022 yang senilai Rp115,6 triliun. Di sepanjang 2022, pembiayaan untuk pemilikan rumah tinggal bank umum dan unit usaha syariah mencapai Rp116,8 triliun. 

Kemudian, pembiayaan pemilikan apartemen bank umum dan unit usaha syariah pada November 2023 mencapai Rp5,4 triliun. Angka ini meningkat secara YoY dari periode yang sama tahun 2022 yang senilai Rp4,4 triliun. Di sepanjang 2022, pembiayaan pemilikan apartemen bank umum dan unit usaha syariah mencapai Rp4,4 triliun. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.