Memacu Pendanaan Sektor Produktif, Batas Atas Ideal Pinjol Dikaji

Batas atas pinjaman produktif pinjaman online yang ideal tengah dikaji oleh regulator untuk mendorong penyaluran pendanaan sektor produktif karena mengalami tren penurunan.

Pernita Hestin Untari

22 Apr 2024 - 17.16
A-
A+
Memacu Pendanaan Sektor Produktif, Batas Atas Ideal Pinjol Dikaji

Ilustrasi pinjaman online atau fintech lending./ Dok Freepik

Bisnis, JAKARTA— Penyaluran pendanaan sektor produktif finansial teknologi atau fintech terbilang semakin menantang. Regulator juga tengah mengupayakan strategi untuk mendorong pendanaan sektor itu dengan menaikan batas atas pendanaan penyelenggara fintech. 

Sebelumnya, Kepala Eksekutif Pengawas Lembaga Pembiayaan, Perusahaan Modal Ventura, Lembaga Keuangan Mikro, dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Agusman mengatakan, peningkatan batas atas pinjaman P2P lending ke sektor produktif tersebut masih dalam kajian. Sehingga belum diketahui nominal pasti kenaikan batas atas pendanaan tersebut.

Adapun per 15 April, ketentuan itu disebut akan masuk dalam RPOJ terkait dengan Penyelenggaraan Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi (LPBBTI) yang saat ini tengah disusun oleh OJK.  

Selain itu, Agusman juga menilai penyelenggara juga tidak sedang dalam pengenaan snaksi pembatasan kegiatan usaha dari OJK. Di sisi lain, dia mengatakan regulator juga masih mengkaji opsi pencabutan moratorium pemberian izin usaha penyelenggara LPBBTI khusus sektor produktif dan UMKM.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.