Memahami Perbedaan Antara Blockchain dan Bitcoin

Blockchain adalah teknologi yang menjadi dasar dari bitcoin, yang merupakan salah satu bentuk mata uang digital. Berikut ini adalah penjelasan mengenai perbedaan antara blockchain dan bitcoin.

Emanuel Berkah Caesario

24 Jun 2023 - 17.30
A-
A+
Memahami Perbedaan Antara Blockchain dan Bitcoin

Ilustrasi blockchain dan bitcoin. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Dalam era digital yang semakin berkembang, istilah blockchain dan bitcoin sering kali menjadi perbincangan hangat. Namun, ada perbedaan mendasar antara kedua konsep ini.

Blockchain adalah teknologi yang menjadi dasar dari bitcoin, yang merupakan salah satu bentuk mata uang digital. Berikut ini adalah penjelasan mengenai perbedaan antara blockchain dan bitcoin:

 

1. Definisi dan Fungsi:

   - Blockchain: Blockchain adalah teknologi terdesentralisasi yang memungkinkan catatan transaksi yang aman, transparan, dan tidak dapat diubah. Ini adalah sistem basis data yang terdiri dari serangkaian blok yang saling terhubung, yang mencatat dan memverifikasi setiap transaksi yang terjadi di jaringan.

   - Bitcoin: Bitcoin adalah bentuk mata uang digital yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2009. Dibuat oleh seseorang yang menggunakan nama samaran "Satoshi Nakamoto," bitcoin dirancang sebagai alternatif terdesentralisasi untuk mata uang konvensional. Bitcoin menggunakan teknologi blockchain untuk mencatat transaksi dan mentransfer kepemilikan bitcoin antara pengguna.

 

2. Penggunaan:

   - Blockchain: Teknologi blockchain memiliki potensi aplikasi yang luas di luar dunia keuangan. Ini dapat digunakan dalam berbagai industri seperti logistik, kesehatan, sumber daya manusia, manufaktur, dan banyak lagi. Blockchain dapat digunakan untuk memverifikasi aset digital, melacak rantai pasokan, membangun sistem voting yang aman, dan mengamankan data medis, hanya untuk beberapa contoh.

   - Bitcoin: Bitcoin digunakan sebagai bentuk mata uang digital untuk melakukan transaksi peer-to-peer tanpa melibatkan pihak ketiga seperti bank atau lembaga keuangan. Bitcoin dapat digunakan untuk membeli barang dan jasa secara online, mentransfer uang ke pengguna lain, atau dijadikan sebagai investasi.

 

3. Regulasi dan Keamanan:

   - Blockchain: Teknologi blockchain memiliki sifat terdesentralisasi dan transparan. Karena tidak ada entitas tunggal yang mengontrol atau memiliki akses penuh atas jaringan blockchain, transaksi yang tercatat di dalamnya dianggap sulit untuk dimanipulasi atau diubah. Ini memberikan tingkat keamanan yang tinggi pada data dan transaksi yang dicatat dalam blockchain.

   - Bitcoin: Bitcoin sebagai mata uang digital telah menjadi perhatian bagi regulator di berbagai negara. Regulasi terkait penggunaan, pertukaran, dan perdagangan bitcoin berbeda-beda di setiap yurisdiksi. Selain itu, keamanan bitcoin juga menjadi perhatian, mengingat bahwa serangan terhadap platform pertukaran atau dompet digital dapat mengakibatkan kehilangan bitcoin yang tidak dapat pulih.

 

4. Nilai dan Volatilitas:

   - Blockchain: Nilai blockchain terletak pada kemampuannya untuk menyediakan infrastruktur yang aman dan terpercaya untuk mencatat dan memverifikasi transaksi. Nilai ini tidak berfluktuasi seperti mata uang digital atau aset kripto.

   - Bitcoin: Nilai bitcoin sangat bergejolak dan dapat berubah dengan cepat. Harga bitcoin ditentukan oleh faktor-faktor pasar seperti permintaan dan penawaran, sentimen investor, peristiwa global, dan faktor-faktor lainnya. Karena volatilitasnya yang tinggi, bitcoin dianggap sebagai aset yang lebih spekulatif.

***

Dengan pemahaman yang jelas tentang perbedaan antara blockchain dan bitcoin, Anda dapat menghargai kedua konsep ini dalam konteks yang tepat. Blockchain adalah teknologi revolusioner dengan potensi luas, sementara bitcoin adalah salah satu implementasi praktis dari teknologi blockchain dalam bentuk mata uang digital.

Penting untuk memperhatikan bahwa perkembangan di bidang ini terus berlanjut, dan pemahaman yang mendalam akan memberikan wawasan yang lebih baik tentang peran mereka dalam dunia digital.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.