Memasifkan Pembangunan dan Pembiayaan Perumahan Bersertifikat Hijau

Pemerintah memiliki peranan penting untuk mendorong penerapan green property di Indonesia. Pasalnya, selama ini belum banyak pengembang yang membangun hunian bersertifikasi hijau di Indonesia.

Yanita Petriella

29 Apr 2024 - 19.48
A-
A+
Memasifkan Pembangunan dan Pembiayaan Perumahan Bersertifikat Hijau

Ilustrasi hunian hijau. /dok Bisnis

Bisnis, JAKARTA – Sektor properti diperkirakan menyumbang sekitar 40% dari emisi karbon global. Para pengembang properti dinilai perlu menerapkan perencanaan strategis dalam upaya mengurangi emisi karbon.

Terlebih, Indonesia telah berkomitmen untuk mencapai target emisi nol bersih pada 2060 atau bahkan lebih cepat. Upaya itu perlu ditindaklanjuti pemangku kepentingan dalam menekan emisi karbon.

Berdasarkan data Green Building Council Indonesia (GBCI) pada Januari 2024, jumlah bangunan yang telah memiliki sertifikasi hijau di Indonesia sebanyak 117 unit dimana sebanyak 107 unit berupa gedung perkantoran. 

Kepala Badan Kajian Strategis Dewan Pengurus Pusat Real Estat Indonesia (DPP REI) Ignesjz Kemalawarta menuturkan pemerintah memiliki peranan penting untuk mendorong penerapan green property di Indonesia. Pasalnya, selama ini belum banyak pengembang yang membangun hunian bersertifikasi hijau di Indonesia. Berdasarkan catatannya, kurang dari 10 pengembang yang membangun hunian bersertifikat hijau di Indonesia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.