Memasifkan Pembiayaan & Pembangunan Perumahan Hijau Indonesia

Pemerintah mendorong para pengembang untuk terus gencar menerapkan konsep atau inisiatif bangunan hijau mengingat kesadaran masyarakat yang masih sangat rendah di Indonesia.

Yanita Petriella

23 Agt 2023 - 19.48
A-
A+
Memasifkan Pembiayaan & Pembangunan Perumahan Hijau Indonesia

Ilustrasi properti hijau. /istimewa

Bisnis, JAKARTA – Pemerintah mendorong pengembang untuk terus gencar dalam membangun properti hijau. Pemerintah juga mendorong pembiayaan perumahan hijau di Indonesia guna mengakselerasi transisi energi yang adil dan terjangkau. Indonesia sendiri menargetkan emisi nol bersih atau Net Zero Emission (NZE) pada 2060 mendatang. 

Merujuk dalam Global Status Report for Buildings and Construction 2019 menyebutkan sektor properti dan konstruksi bertanggung jawab atas hampir 40 persen penggunaan energi akhir dan proses terkait emisi karbon dioksida. Sektor properti juga memiliki peran yang sangat penting untuk memenuhi tujuan internasional mencapai emisi nol bersih. Selain itu, pemanasan, pendinginan, pencahayaan bangunan sampai dengan infrastrukturdisebut menjadi kontributor utama emisi ini.

Untuk mencapai NZE pada 2060 mendatang sesuai dengan target pemerintah Indonesia tentu perlu kontribusi dari berbagai pihak termasuk sektor properti. Pasalnya, desain bangunan konon dapat berperan dalam mengatasi permasalahan lingkungan yang terjadi.

Pembangunan gedung yang ramah lingkungan memang tak mudah karena sebuah bangunan membutuhkan pendekatan berkelanjutan ketika didirikan hingga beroperasi. Penerapannya berlangsung selama perencanaan, pembangunan, pengoperasian, pemeliharaan, renovasi, dam pembongkaran bangunan. Kontraktor akan berupaya meminimalisir dampak negatif agar bisa meningkatkan dampak positif bangunan terhadap lingkungan. Jadi ketika bangunan beroperasi, keberadaannya bisa mengurangi penggunaan energi serta limbah lingkungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
company-logo

Lanjutkan Membaca

Memasifkan Pembiayaan & Pembangunan Perumahan Hijau Indonesia

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.