Memastikan Drama Panjang Proyek Masela Berakhir Bahagia

SKK Migas memastikan tidak hanya akan berperan sebagai pengawas, tetapi juga bakal terlibat langsung dalam pengembangan, pelaksanaan, dan pengelolaan proyek gas alam cair (liquefied natural gas/LNG) Abadi Blok Masela.

Ibeth Nurbaiti & Stepanus I Nyoman A. Wahyudi

8 Feb 2024 - 19.29
A-
A+
Memastikan Drama Panjang Proyek Masela Berakhir Bahagia

Ilustrasi eksplorasi Pertamina Hulu Energi. Konsorsium Masela yakni Pertamina dan perusahaan migas asal Malaysia, Petroliam Nasional Berhad atau Petronas bersama dengan Inpex Masela Ltd. tengah berpikir untuk menggandeng mitra baru dalam pengerjaan rencana pengembangan lapangan (plan of development/PoD) proyek LNG Abadi Blok Masela. Istimewa/Dok. Pertamina Hulu Energi

Bisnis, JAKARTA — Masih adanya sederet persoalan yang membayagi proyek gas alam cair (liquefied natural gas/LNG) Abadi Blok Masela, membuat otoritas hulu minyak dan gas bumi lebih serius lagi mengawal pelaksanaan salah satu proyek strategis nasional (PSN) yang paling diharapkan segera berjalan tersebut.

Kendati Inpex Masela Ltd., Pertamina Hulu Energi Masela, dan Petronas Masela Sdn. Bhd. sudah mencatatkan progres positif di proyek LNG Masela yang terletak sekitar 160 kilometer lepas pantai Pulau Yamdena di Laut Arafura dengan kedalaman 400—800 meter itu, tidak serta merta membuat otoritas hulu migas bisa bernapas lega.

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) memastikan tidak hanya akan berperan sebagai pengawas, tetapi juga bakal terlibat langsung dalam pengembangan, pelaksanaan, dan pengelolaan ladang gas tersebut.

“Setelah keputusan akhir investasi [final investment decision/FID], kami akan terlibat secara langsung. Kami akan menjaga kualitas dan integritas proyek ini, sekaligus memastikan bahwa semua tahapan pengembangan proyek LNG Abadi berjalan sesuai rencana,” kata Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto seperti dikutip Antara, Rabu (8/2/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan login terlebih dahulu

BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.