Memastikan Ketersediaan BBM Bioetanol, Produk Baru Pertamina

Pemerintah terus berupaya mengoptimalkan penggunaan bioetanol sebagai bahan bakar demi mencapai kemandirian dan ketahanan energi nasional.

Ibeth Nurbaiti

19 Jun 2023 - 18.55
A-
A+
Memastikan Ketersediaan BBM Bioetanol, Produk Baru Pertamina

Presiden Joko Widodo secara resmi pada Jumat (4/11/2022) meluncurkan program Bioetanol Tebu Untuk Ketahanan Energi. Peresmian tersebut dilaksanakan di sela kunjungan kerja di pabrik bioetanol PT Energi Agro Nusantara (Enero), Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Istimewa-Kementerian ESDM

Bisnis, JAKARTA — Masih tingginya ketergantungan Indonesia terhadap bahan bakar minyak (BBM), terutama yang disubsidi, membuat tren impor bahan bakar jadi dan minyak mentah kian sulit terbendung.

Di sisi lain, sejumlah negara seperti Australia, Amerika Serikat, Thailand, dan juga Filipina telah berhasil mengembangkan bahan bakar nabati berupa biotenol sebagai pengganti bahan bakar fosil.

Di Indonesia, bioetanol pun sebenarnya bukanlah barang baru. Selama ini, etanol yang dihasilkan dari bahan baku nabati (gula tebu, pati jagung, dan sebagainya) dengan cara fermentasi tersebut banyak digunakan sebagai bahan dalam pembuatan minuman.

Baca juga: Pemanis Berlapis Investasi Hulu Migas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan login terlebih dahulu

BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.