Membaca Arah Kebijakan Bunga Kredit Bank Jumbo

Bank-bank besar mempersiapkan kebijakan bunga kredit mereka tahun ini, sejalan dengan tingkat kenaikan suku bunga acuan. Meski begitu, secara umum kalangan perbankan cenderung menahan diri dalam mengerek suku bunga kredit mereka guna menjaga tingkat permintaan kredit tetap bertumbuh.

Arlina Satiti Mugi Laras

8 Jan 2024 - 20.16
A-
A+
Membaca Arah Kebijakan Bunga Kredit Bank Jumbo

Bisnis, JAKARTA — Bank-bank besar tentu bakal tetap menjadi pilihan utama masyarakat maupun pelaku usaha ketika hendak mengajukan kredit. Namun, besaran suku bunga kredit akan menjadi salah satu komponen utama yang bakal dipertimbangkan debitur. Lantas, bagaimana arah suku bunga  kredit bank jumbo tahun ini?

Tahun lalu, Bank Indonesia telah menaikkan suku bunga acuan sebanyak dua kali, masing-masing 25 bps pada Januari 2023 dan Oktober 2023. Kendati tahun lalu hanya dua kali, pada 2022 BI sudah lebih dahulu menaikkan sebanyak lima kali. Alhasil, suku bunga acuan atau BI-Rate kini ada di level 6%.

Namun, butuh waktu beberapa bulan bagi pelaku industri perbankan untuk mentransmisikan kenaikan bunga acuan ini ke dalam suku bunga kredit maupun simpannya masing-masing. Itu berarti, kenaikan terakhir BI-Rate pada Oktober 2023 lalu bakal mulai terasakan di bunga bank pada awal tahun ini.

Kalangan perbankan kemungkinan besar bakal turut menyesuaikan suku bunga kredit mereka terhadap BI-Rate, meskipun besaran kenaikannya akan sangat ditentukan oleh persaingan pasar. Hanya saja, masih ada kemungkinan arah kebijakan suku bunga bank sentral akan berubah menjadi lebih longgar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Membaca Arah Kebijakan Bunga Kredit Bank Jumbo

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.