Membaca Arah Kredit Konsumsi 2024

Kendati tumbuh cukup tinggi, segmen kredit konsumsi tidak bertumbuh sebaik kredit modal kerja dan kredit investasi. Faktor suku bunga yang tinggi serta nasabah yang lebih memilih menggunakan tabungan untuk konsumsi dinilai menjadi penyebab.

Tim Redaksi

23 Jan 2024 - 15.01
A-
A+
Membaca Arah Kredit Konsumsi 2024

Ilustrasi bank. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Segmen kredit konsumsi terpantau menjadi segmen penggunaan kredit dengan kinerja yang terlemah di antara segmen penggunaan lainnya, kendati tetap bertumbuh cukup tinggi. Lantas, bagaimana prospek segmen ini sepanjang 2024?

Berdasarkan Analisis Perkembangan Uang Beredar periode Desember 2023 yang dirilis oleh Bank Indonesia, total penyaluran kredit industri perbankan per Desember 2023 tumbuh 10,3% secara tahunan atau year-on-year (YoY) menjadi Rp7.044,8 triliun.

Laju pertumbuhan kredit ini lebih tinggi dibanding bulan sebelumnya, atau November 2023, yang tumbuh 9,7% YoY menjadi Rp6.931,2 triliun.

Jika diperinci berdasarkan jenis penggunaannya, penyaluran kredit terutama ditopang oleh kredit modal kerja (KMK) yang tumbuh 10,7% YoY menjadi Rp3.198,8 triliun per Desember 2023, meningkat dibanding bulan sebelumnya yang tumbuh 10,2% YoY.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Membaca Arah Kredit Konsumsi 2024

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.