Membaca Diplomasi Politik dan Ekonomi Indonesia di Pasifik

Terkait upaya menjaga kawasan Indo-Pasifik yang damai, stabil, dan sejahtera, Indonesia mengajak Australia untuk terus bersama-sama menjadi kekuasaan positif. Di sisi lain, Indonesia terus berkomitmen menjalin kerja sama dengan negara-negara di kawasan Pasifik.

Saeno

11 Feb 2023 - 17.56
A-
A+
Membaca Diplomasi Politik dan Ekonomi  Indonesia di Pasifik

Menlu Retno Marsudi saat menyampaikan paparan pada Pertemuan Tingkat Menteri ke-8 Bali Process on People Smuggling, Trafficking in Persons and Related Transnational Crime ke-8 di Adelaide, Australia. Indonesia merawat pasifik dengan diplomasi ekonomi/.Dok.Kemenlu

Bisnis, JAKARTA – Indonesia sangat menaruh perhatian pada terciptanya perdamaian di kawasan Pasifik. Kompetisi di antara kekuatan-kekuatan utama di kawasan ini harus diarahkan menjadi kerja sama inklusif. Terkait upaya menjaga kawasan Indo-Pasifik yang damai, stabil, dan sejahtera, Indonesia mengajak Australia untuk terus bersama-sama menjadi kekuasaan positif. Di sisi lain, Indonesia terus berkomitmen menjalin kerja sama dengan negara-negara di kawasan Pasifik.

Bagi Indonesia, kerja sama yang inklusif di kawasan Indo-Pasifik di bidang ekonomi dan pembangunan merupakan jalan untuk menurunkan ketegangan di kawasan. Terkait Indo-Pasifik yang damai, Indonesia bersama Negara-negara anggota Asean memiliki pandangan yang dikenal sebagai Asean Outlook on Indo-Pacific (AOIP).

Saat berkunjung ke Canberra, Australia, bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto pada 8 - 9 Februari 2023, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi bertemu dengan Menteri Luar Negeri Australia Penny Wong serta Menteri Pertahanan Australia Richard Marles.

Menurut Menlu Retno, dalam pertemuan tersebut dibahas bergaam isu mulai dari dinamika kawasan hingga Asean, serta ketahanan ekonomi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
company-logo

Lanjutkan Membaca

Membaca Diplomasi Politik dan Ekonomi Indonesia di Pasifik

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.