Membaca Gairah Pasar IPO di Awal Tahun

Meski gairah IPO pada awal tahun ini terlihat cukup menjanjikan, pasar perdana ini diramal akan tetap menantang di sisa tahun ini. Di sisi lain, kinerja emiten-emiten baru pada awal tahun ini pun terlihat tidak begitu cemerlang.

Tim Redaksi

4 Mar 2024 - 17.24
A-
A+
Membaca Gairah Pasar IPO di Awal Tahun

Bisnis, JAKARTA — Meski otoritas pasar modal telah mengantongi daftar calon emiten baru yang cukup panjang tahun ini, pasar initial public offering (IPO) diramal akan cukup menantang. Di sisi lain, kinerja emiten-emiten pendatang baru tahun ini pun terlihat tidak begitu cemerlang.

Hingga hari ini, Senin (4/3/2024), Bursa Efek Indonesia telah kedatangan 19 emiten baru dengan total penggalangan dana Rp3,45 triliun. Terakhir, PT Satu Visi Putra Tbk. (VISI) listing pekan lalu, Selasa (27/2/2024) Rp73,8 miliar.

Sebagai pembanding, selama 2 bulan awal tahun 2023 lalu, BEI menyambut 20 emiten baru dengan total penggalangan dana Rp10,56 triliun. Jumlah nilai IPO yang tinggi ini terutama karena kedatangan PT Pertamina Geothermal Energy Tbk. (PGEO) yang menyumbang nilai IPO Rp9,06 triliun.

Jika tidak memperhitungkan nilai IPO PGEO, maka total penggalangan dana periode Januari-Februari 2023 adalah sebanyak Rp1,5 triliun. Nilainya tidak lebih tinggi dibanding capaian pada awal 2024 ini.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Membaca Gairah Pasar IPO di Awal Tahun

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.