Membaca Gejolak di Hari Pertama Pencatatan Saham PGEO

Saham PT Pertamina Geothermal Energy Tbk. (PGEO) sempat terjun bebas di hari pertama transaksi sahamnya di Bursa Efek Indonesia, tetapi segera bangkit lagi menjelang penutupan. Sinyal apa yang hendak disampaikan pelaku pasar?

Emanuel Berkah Caesario

26 Feb 2023 - 19.23
A-
A+
Membaca Gejolak di Hari Pertama Pencatatan Saham PGEO

Pengecekan rutin pembangkit listrik tenaga panas bumi milik PT. Pertamina Geothermal Energy/JIBI-Nurul Hidayat

Bisnis, JAKARTA — Gerak saham PT Pertamina Geothermal Energy Tbk. (PGEO) di hari pertama perdagangannya pada akhir pekan lalu seolah tengah dipermainkan. Setelah turun hingga ke level auto rejection bawah (ARB), sahamnya kembali diangkat menjelang penutupan ke harga semula.

Anak usaha PT Pertamina (Persero) ini listing di harga Rp875 setelah melalui proses initial public offering (IPO) sepanjang awal tahun ini. Segera setelah dicatat di Bursa Efek Indonesia, Jumat (24/2/2023), sahamnya melejit ke level Rp925, hanya untuk seketika menukik menuju Rp815 atau terkena ARB.

Transaksi saham PGEO cukup ramai di hari pertamanya. Tercatat, ada 45.095 kali transaksi dengan total nilai perdagangan mencapai Rp488 miliar dan jumlah saham yang ditransaksikan sebanyak 585,5 juta lembar.

Sepanjang hari, saham PGEO tertahan di level ARB tersebut. Namun, menjelang penutupan, sahamnya tiba-tiba bangkit hingga kembali ditutup di level Rp875. Dengan demikian, saham perseroan ditutup stagnan di hari pertamanya ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Membaca Gejolak di Hari Pertama Pencatatan Saham PGEO

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.