Membaca Makna di Balik Kondisi NIM Industri Perbankan

Margin bunga bersih atau NIM industri perbankan nasional masih cenderung meningkat, tidak sejalan dengan harapan pemerintah agar NIM makin rendah demi mengerek laju ekonomi.

Arlina Laras & Emanuel Berkah Caesario

10 Sep 2023 - 16.04
A-
A+
Membaca Makna di Balik Kondisi NIM Industri Perbankan

Ilustrasi bisnis bank. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Margin bunga bersih atau net interest margin (NIM) perbankan kerap kali menjadi isu yang banyak disoroti berbagai pihak. NIM yang tinggi dianggap menghambat laju pertumbuhan ekonomi, tetapi di sisi lain menguntungkan bank. Bagaimana sejatinya kondisi NIM industri perbankan?

NIM merupakan salah satu indikator tingkat profitabilitas perbankan, tetapi bukan satu-satunya. Margin ini mencerminkan jumlah uang yang diperoleh bank dari bunga pinjaman dibandingkan dengan jumlah yang dibayarkan untuk bunga simpanan.

Data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menunjukkan bahwa angka NIM industri perbankan pada paruh pertama tahun ini rupanya masih meningkat jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, padahal pemerintah berharap bank makin menurunkan NIM mereka.

Per Juni 2023, OJK mencatat NIM industri perbankan nasional secara total ada di level 4,90 persen, naik 12 basis points (bps) dibanding periode yang sama tahun lalu yang besarnya 4,78 persen. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.