Membaca Pergerakan Pasar Mobil Listrik di Asean

ASEAN berupaya menerapkan elektrifikasi transportasi dan penggunaan energi terbarukan sebagai implementasi dalam menjaga ketahanan energi. Indonesia, yang merupakan pasar terbesar otomotif di kawasan ini, ternyata masih tertinggal dalam hal adopsi kendaraan listrik.

Fatkhul Maskur

4 Sep 2023 - 13.55
A-
A+
Membaca Pergerakan Pasar Mobil Listrik di Asean

Mobil Listrik Baterai. Thailand mendominasi pasar mobil listrik penumpang dengan pangsa 58%. - Foto Istimewa

Bisnis, JAKARTA-ASEAN berupaya menerapkan elektrifikasi transportasi dan penggunaan energi terbarukan sebagai implementasi dalam menjaga ketahanan energi. Indonesia, yang merupakan pasar terbesar otomotif di kawasan ini, ternyata masih tertinggal dalam hal adopsi kendaraan listrik.

Seperti diyakini Presiden Joko Widodo, Asean akan dapat mengembangkan kendaraan listrik pada kancah global. Hal ini juga didukung dengan potensi unggul Asean dalam pengembangan kendaraan listrik yang memiliki perkiraan pasar sebesar US$2,7 miliar pada 2027.

“Pengembangan kendaraan listrik mempunyai peran besar terhadap kelestarian lingkungan,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat menyampaikan keynote speech dalam acara Asean Climate Forum 2023, Sabtu (2/9/2023).

Peran itu mulai dari pengurangan emisi gas rumah kaca, percepatan transisi energi, dekarbonisasi sektor transportasi darat, pencapaian target nol emisi, hingga peningkatan ketahanan energi di kawasan ASEAN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.