Membaca Peta Bisnis Asuransi Syariah di Tengah Aturan Spin-Off

Ekosistem bisnis syariah terbilang prospektif di Indonesia mengingat mayoritas penduduk Muslim terbesar. Kondisi tersebut menjadi salah satu katalis untuk semakin memperluas penetrasi bisnis syariah, termasuk di asuransi.

Rika Anggraeni & Asteria Desi Kartikasari

14 Sep 2023 - 15.11
A-
A+
Membaca Peta Bisnis Asuransi Syariah di Tengah Aturan Spin-Off

Ilustrasi Asuransi Syariah/Bisnis

Bisnis, JAKARTA — Ekosistem bisnis syariah terbilang prospektif di Indonesia mengingat mayoritas penduduk Muslim terbesar. Kondisi tersebut menjadi salah satu katalis untuk semakin memperluas penetrasi bisnis syariah, termasuk di asuransi.

Dalam rangka meningkatkan resiliensi industri perasuransian, pemerintah telah menetapkan Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2023 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (UU PPSK). Aturan turunan dari beleid tersebut adalah Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) 11 Tahun 2023 yang mengatur pemisahan unit syariah perusahaan asuransi dan perusahaan reasuransi.

Beleid tersebut mewajibkan pemisahan (spin-off) unit syariah perusahaan asuransi paling lambat 31 Desember 2026 atau masih tersisa waktu 3 tahun lebih dan dinilai cukup bagi UUS asuransi dan reasuransi untuk memenuhi ketentuan dana tabarru, investasi, dan ekuitas. Pemisahan tersebut dapat dilakukan melalui beberapa cara seperti mendirikan perusahaan asuransi syariah atau perusahaan reasuransi syariah baru.

Adapun pemisahan tersebut diikuti dengan portofolio kepersertaan kepada perusahaan asuransi syariah atau perusahaan reasuransi syariah baru hasil pemisahan unit syariah. Lalu dapat juga mengalihkan seluruh portofolio kepesertaan unit syariah kepada perusahaan asuransi syariah atau perusahaan reasuransi syariah yang telah memperoleh izin usaha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan login terlebih dahulu

BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.