Membaca Potensi Pendar Emas kala Konflik Timur Tengah Memanas

Harga emas naik mendekati rekor tertinggi setelah serangan Iran terhadap Israel yang memicu permintaan terhadap aset safe haven.

Annisa Kurniasari Saumi

15 Apr 2024 - 16.10
A-
A+
Membaca Potensi Pendar Emas kala Konflik Timur Tengah Memanas

Harga emas semakin dekat ke US$2.000 dan harga saham emiten emas membuntuti. (Bloomberg) Keyword

Bisnis, JAKARTA— Harga komoditas emas kembali melesat US$2.372 per troy ons pada pembukaan perdagangan Senin (15/4/2024) sesaat setelah Iran menyerang balik Israel pada akhir pekan lalu, kendati penguatan itu diproyeksi hanya sesaat.

Direktur Laba Forexindo Berjangka Ibrahim Assuaibi mengatakan, Iran secara tak terduga melakukan penyerangan langsung ke Israel pada hari Minggu, walaupun sebelumnya banyak pengamat yang mengatakan Iran akan melakukan penyerangan melalui pihak ketiga. 

Namun, kata Ibrahim, apa yang terjadi saat ini di luar dugaan para pengamat. Bahkan, lanjutnya, Amerika Serikat juga terkejut.  “Ini membuat harga minyak dunia dan emas akan menguat, sementara rupiah akan melemah,” kata Ibrahim, dikutip Senin (15/4/2024). 

Dia mengatakan, kemungkinan besar harga emas masih akan terus mengalami kenaikan, karena target emas saat ini ada di US$2.350 per troy ons. Apabila target itu tercapai, maka target selanjutnya bagi harga emas ada di US$2.400 per troy ons. Adanya dampak tensi politik yang tinggi di Timur Tengah, dia memproyeksikan harga emas masih meninggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.