Membaca Rivalitas AS dan China dalam Investasi Smart City di IKN

Terdapat empat paket investasi yang menjadi fokus ditawarkan kepada investor yakni integrated command control centre (pusat kontrol komando terpadu), data center (pusat data), electric vehicle charging station (stasiun pengisian kendaraan listrik umum), dan smart poles (tiang pintar).

Yanita Petriella & Jessica Gabriela Soehandoko

7 Mar 2024 - 20.34
A-
A+
Membaca Rivalitas AS dan China dalam Investasi Smart City di IKN

Ilustrasi smart city

Bisnis, JAKARTA – Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara menjadi mimpi Indonesia dalam memiliki kota pintar (smart city) yang ramah lingkungan, berkelanjutan, dan berbasis alam satu-satunya di dunia. Untuk mewujudkannya, IKN dibangun dengan mengusung konsep smart forest city. 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meyakini IKN Nusantara akan menjadi representasi bangsa yang unggul dengan mewujudkan smart city, kota modern berkelanjutan, dan memiliki standar internasional sehingga menjadi contoh bagi pembangunan kota-kota lain di Indonesia. 

Untuk mewujudkan smart city, IKN akan mengadopsi teknologi mulai dari perencanaan, pembangunan kota, hingga menjalankan fungsi pemerintahan. Pengembangan kota cerdas mempunyai tujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang tinggal di IKN Nusantara.

Adapun terdapat 6 sektor yang akan diterapkan menggunakan teknologi modern yakni sistem pemerintahan, transportasi dan logistik, kehidupan masyarakat, sumber daya energi, sumber daya manusia dan industri, serta infrastruktur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
company-logo

Lanjutkan Membaca

Membaca Rivalitas AS dan China dalam Investasi Smart City di IKN

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.