Membaca Sinyal di Balik Lonjakan Dana Simpanan Korporasi

Simpanan kalangan korporasi di industri perbankan terlihat tumbuh makin tinggi, sedangkan permintaan kredit justru melambat. Jika tren ini berlanjut, pelaku industri perbankan kemungkinan akan mengalami penurunan margin bunga sepanjang tahun ini.

Tim Redaksi

24 Jun 2024 - 17.22
A-
A+
Membaca Sinyal di Balik Lonjakan Dana Simpanan Korporasi

Bisnis, JAKARTA — Laju pertumbuhan dana pihak ketiga atau DPK di industri perbankan terlihat terus membaik dalam beberapa bulan terakhir, setelah sebelumnya sempat lesu sepanjang 2023 lalu. Menariknya, tabungan di kalangan nasabah korporasi tumbuh paling pesat.

Hal ini tecermin dari data Analis Perkembangan Uang Beredar Mei 2024 yang dipublikasikan oleh Bank Indonesia (BI). Berdasarkan data tersebut, DPK industri perbankan per Mei 2024 mencapai Rp8.427,8 triliun, tumbuh 8,5% secara tahunan atau year-on-year (YoY).

Tingkat pertumbuhan tersebut terus membaik, sebab pada bulan sebelumnya, yakni Maret 2024 dan April 2024, pertumbuhan DPK masing-masing yakni sebesar 7,4% YoY dan 8,1% YoY.

Jika diperinci berdasarkan golongan nasabah, maka pertumbuhan DPK ini terlihat hanya ditopang oleh segmen nasabah korporasi. Pertumbuhan DPK kelompok nasabah ini melonjak 20,2% YoY menjadi Rp3.923,6 triliun, lebih tinggi dibanding Maret 2024 dan April 2024 yang masing-masing 12,5% YoY dan 15,3% YoY.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.