Membangun IKN, Menambang Modal Hingga ke Negeri China

Selain Timur Tengah, China juga menjadi target sumber pendanaan pembangunan IKN. Rencana pengembangan IKN yang lebih detil dan spesifik menjadi poin yang ditunggu China.

Saeno

1 Apr 2022 - 13.20
A-
A+
Membangun IKN, Menambang Modal Hingga ke Negeri China

Bisnis, JAKARTA - Pemerintah terus mencari sumber dana untuk pembangunan ibu kota negara di Kalimantan Timur. Selain Timur Tengah, China juga menjadi target sumber pendanaan pembangunan IKN.  Rencana pengembangan IKN yang lebih detil dan spesifik menjadi poin yang ditunggu China. Hal itu setidaknya disampaikan oleh  Dubes China Lu Kang dalam konferensi pers yang digelar Kamis (31/3/2022).

Di sisi lain, Menteri Investasi /Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menyatakan agar masyarakat maupun investor tidak meragukan proyek pembangunan IKN. Menurut Bahlil pembangunan IKN akan berjalan sesuai rencana. Dia menyebutkan sudah banyak investor yang tertarik bergabung dalam proyek tersebut. 

Sebelumnya, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebutkan, pemerintah sudah pasti bekerja sama dengan investor dari Abu Dhabi. Perusahaan Abu Dhabi tersebut juga bekerja sama dengan Shenzhen, China.

Selain melalui jalan “melipir” melalui Abu Dhabi, China membuka peluang untuk berinvestasi langsung dalam proyek IKN. Isyarat itu paling tidak tertangkap dari penyataan Duta Besar China untuk Indonesia Lu Kang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
company-logo

Lanjutkan Membaca

Membangun IKN, Menambang Modal Hingga ke Negeri China

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.