Memberdayakan Perempuan Lewat Pengembangan UMKM

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah memperkirakan sekitar 40,9 juta dari 64 juta pelaku usaha mikro, kecil dan menengah adalah perempuan. Mayoritas adalah pelaku bisnis kuliner.

Rayful Mudassir

8 Mar 2024 - 09.27
A-
A+
Memberdayakan Perempuan Lewat Pengembangan UMKM

Pengunjung memilih kerajinan tangan yang menggunakan bahan dasar eceng gondok di Workshop Witrove di Kebraon, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (7/7/2023). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis, JAKARTA - Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah memperkirakan sekitar 40,9 juta dari 64 juta pelaku usaha mikro, kecil dan menengah adalah perempuan. Mayoritas merupakan pelaku bisnis kuliner. 


Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi Makro Kementerian Koperasi dan UKM RI, Rully Nuryanto mengatakan bahwa selama ini perempuan telah memegang tonggak penting dalam pengembangan UMKM di Tanah Air.


“Banyak program kami yang pendekatannya dari berbagai sisi baik peningkatan akses pembiayaan untuk UMKM, peningkatan kapasitas SDM pelaku UMKM termasuk perempuan,” katanya kepada Bisnis, Rabu (6/3/2024).


Selama ini, pemerintah menjalankan sejumlah program untuk mendukung pengembangan bisnis UMKM. Beberapa di antaranya melalui program Bangga Buatan Indonesia termasuk memanfaatkan anggaran belanja kementerian dan lembaga.


Baca juga:

Export Center Surabaya Kejar Target Fasilitasi UMKM

Coaching Clinic UMKM Jawa Barat

Gerak UMKM Melambat, Laju Penjualan Mobil Pikap Tersendat


Kemenkop memperkirakan mayoritas bisnis yang dijalankan pebisnis perempuan didominasi oleh usaha kuliner dan kerajinan. Sebagian di antaranya telah mampu menghasilkan produk yang berkualitas. 


“Sekarang ini belanja kementerian lembaga, 40 persen untuk belanja UMKM. Bagaimanapun UMKM yang kualitas meningkat tentu harus diserap pasar. Dan masyarakat kita adalah pasar yang besar.”


Selain berkontribusi pada produk domestik bruto Indonesia, UMKM turut memegang andil dalam penciptaan lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebut mayoritas penciptaan lapangan kerja terjadi pada lini UMKM.


"Hari ini saya gunakan angka yang ada, Indonesia 97% job creation dilakukan oleh UMKM,” ujarnya pada Kamis (7/3/2024).

Persentase tersebut menurutnya relatif sangat tinggi dibandingkan negara lain. Situasi ini juga menunjukkan bahwa penciptaan lapangan kerja tidak hanya terjadi pada sektor formal, melainkan pada non-formal.


Pengembangan pelaku bisnis kecil sejauh ini dilakukan oleh multipihak baik swasta maupun pemerintah.


Standard Chartered Bank Indonesia misalnya, baru-baru ini meluncurkan program Women in Entrepreneurship (WiE) dalam rangka memperingati International Women's Day (IWD) 2024. 

Program WiE ini bertujuan untuk memberdayakan perempuan dalam dunia kewirausahaan dengan fokus pada peningkatan kapasitas pelaku UMKM.


Proyek tersebut merupakan kerja sama bank berpusat di London itu Standard Yayasan Benih Baik dengan target pengembangan kewirausahaan kepada 3.000 pelaku UMKM sepanjang 2024 agar dapat lebih memanfaatkan artificial intelligence. 



“Dalam kurun waktu juga akan melakukan seleksi 50 peserta terbaik untuk mendapatkan bantuan pendukung bisnis/usahanya,” Head Corporate Affairs and Brand & Marketing Indonesia and ASEAN (AU,BN,PH), Standard Chartered.


Selain itu, WiE menyediakan berbagai fasilitas kepada usaha kecil, termasuk pelatihan, mentoring, dan akses ke sumber daya yang diperlukan bagi perempuan yang ingin memulai atau mengembangkan bisnis mereka. 


Proyek tersebut diharapkan dapat meningkatkan jumlah dan kualitas perempuan yang terlibat dalam dunia kewirausahaan, menciptakan lingkungan yang lebih inklusif dan beragam dalam sektor UMKM.


“Benih Baik berkontribusi untuk pelatihan dan pemberdayaan UMKM perempuan agar lebih terampil dalam dunia digital, salah satunya penggunaan AI, dan juga bijak mengelola keuangan,” tutup Chief of Partnership Yayasan BenihBaik Greeny Dewayanti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.