Membongkar Bisnis Jalan Tol BUMN Karya Melalui Privatisasi

Upaya privatisasi anak usaha BUMN Karya di bidang jalan tol menjadi bagian dari restrukturisasi secara total BUMN Karya.

Zufrizal

29 Mar 2022 - 10.49
A-
A+
Membongkar Bisnis Jalan Tol BUMN Karya Melalui Privatisasi

Interchange di Jalan tol Kanci-Pejagan. Jalan tol ini dikelola oleh PT Semesta Marga Raya, anak usaha PT Waskita Transjawa Roll Road. Waskita Toll Road memiliki 39,49 persen saham WTTR per 1 April 2020./wtr.co.id

Bisnis, JAKARTA — Di dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR pada awal Desember 2021, Menteri Badan Usaha Milik Negara menyampaikan keinginannya untuk mengembalikan BUMN Karya ke bisnis intinya.

Hampir semua BUMN Karya saat ini memiliki usaha di sektor jalan tol yang jelas-jelas bukan menjadi bisnis inti mereka sehingga mereka diminta  meninggalkan kepemilikan di sektor jalan tol. 

Adapun, anak usaha BUMN yang bergerak di sektor jalan tol akan diprivatisasi pada 2022. Bisnis jalan tol, nantinya akan digarap oleh PT Jasa Marga Tbk. yang selama ini sudah malang-melintang dan memang menjadi bisnis utamanya.

Privatisasi seperti dijelaskan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia daring adalah penjualan sebagian atau semua saham sebuah perusahaan milik pemerintah kepada publik, baik melalui penjualan langsung ke perusahaan swasta nasional dan asing maupun melalui bursa efek

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Zufrizal
company-logo

Lanjutkan Membaca

Membongkar Bisnis Jalan Tol BUMN Karya Melalui Privatisasi

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.