Membongkar Penyebab Harga Rumah di Jabodetabek Makin Meroket

Bukan rahasia umum lagi jika harga properti khususnya rumah tapak selalu naik tiap tahun dan bahkan per tiga bulan, kendati kondisi perekonomian suatu negara tengah kurang stabil. Harga rumah di Jabodetabek dari tahun ke tahun terbukti memang mengalami kenaikan yang signifikan.

Yanita Petriella

26 Jul 2022 - 19.40
A-
A+
Membongkar Penyebab Harga Rumah di Jabodetabek Makin Meroket

Ilustrasi keluarga yang tengah beli rumah

Bisnis, JAKARTA – Bukan rahasia umum lagi jika harga properti khususnya rumah tapak selalu naik tiap tahun dan bahkan per tiga bulan, kendati kondisi perekonomian suatu negara tengah kurang stabil. Harga rumah di Jabodetabek dari tahun ke tahun terbukti memang mengalami kenaikan yang signifikan. 

Terbatasnya lahan di Jakarta dan juga harga rumah yang tak lagi ada di bawah Rp1 miliar membuat masyarakat pun mencari rumah di wilayah penyangga Jakarta yakni Bodetabek. Hal ini juga menyebabkan pemerintah pun gencar membangun infrastruktur jalan tol dan tentu juga berdampak melonjaknya harga rumah di Bodetabek. 

Berdasarkan data portal properti Lamudi Indonesia, dalam setahun terakhir yakni dari Juni 2021 hingga Juni 2022, harga rumah di Depok, Bogor, Bekasi, dan Tangerang Selatan mengalami kenaikan, hanya wilayah Tangerang saja yang alami penurunan harga. 

Adapun harga rumah di Depok mengalami peningkatan paling besar yakni 8,98 persen (year on year/yoy) dimana harga saat ini mencapai Rp9,34 juta per meter persegi. Lalu harga rumah di Bogor mengalami kenaikan sebesar 6,89 persen (yoy) dimana sat ini harga telah menembus angka Rp6,77 juta per meter persegi. Lalu kenaikan harga rumah juga terjadi di Bekasi, Jawa Barat, dimana rerata mengalami peningkatan sebesar 1,61 persen (yoy) dimana saat ini telah menembus angka Rp9,44 juta per meter persegi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
company-logo

Lanjutkan Membaca

Membongkar Penyebab Harga Rumah di Jabodetabek Makin Meroket

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.