Membuat Mudah Sertifikasi TKDN Industri Kecil

Sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) terus didorong agar memanfaatkan peluang pasar pengadaan barang dan jasa pemerintah. Salah satunya melalui kemudahan mendapatkan Sertifikat Tingkat Kandungan Dalam Negeri Industri Kecil (TKDN IK).

Fatkhul Maskur

25 Des 2022 - 17.00
A-
A+
Membuat Mudah Sertifikasi TKDN Industri Kecil

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita meninjau stan berbagai furniture produk dalam negeri pada gelaran Business Matching Belanja Produk Dalam Negeri di Nusa Dua, Bali yang digelar selama selama tiga hari, 22-24 Maret 2022. Pada gelaran tersebut terjadi komitmen transaksi mencapai Rp214,1 Triliun. - Foto Kemenperin

Bisnis, JAKARTA - Sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) terus didorong agar memanfaatkan peluang pasar pengadaan barang dan jasa pemerintah. Salah satunya melalui kemudahan mendapatkan Sertifikat Tingkat Kandungan Dalam Negeri Industri Kecil (TKDN IK).

Kepala Pusat Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri Kemenperin Nila Kumalasari menjelaskan, saat ini industri kecil hanya perlu melakukan dua langkah dari proses sebelumnya yang lebih kompleks.

Langkah pertama untuk mendapatkan sertifikat TKDN tersebut, yakni industri kecil cukup mengajukan permohonan melalui website https://siinas.kemenperin.go.id/. Dalam website tersebut, perusahaan akan diminta untuk melakukan penginputan data serta dokumen perizinan industri.

Prosedur selanjutnya adalah penilaian sendiri (self-assessment) besaran komponen dalam negeri oleh perusahaan. “Dalam pembuatan sertifikat TKDN IK, nilai komponen maksimal yang dapat diperoleh perusahaan adalah 40%,” ungkapnya, 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur
company-logo

Lanjutkan Membaca

Membuat Mudah Sertifikasi TKDN Industri Kecil

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.