Membuktikan Ucapan Jokowi Soal Angka Deforestasi RI ke Uni Eropa

Presiden Joko Widodo mengemukakan data deforestasi Indonesia yang telah mengalami penurunan drastis di sela pertemuan dengan Presiden Komisi Uni Eropa (UE) Ursula von der Leyen di Hiroshima, Jepang. Lalu bagaimana faktanya?

Rayful Mudassir

22 Mei 2023 - 18.13
A-
A+
Membuktikan Ucapan Jokowi Soal Angka Deforestasi RI ke Uni Eropa

Deforestasi hutan Papua untuk perkebunan sawit di Boven Digoel pada 2018. Pelepasan kawasan hutan untuk perkebunan ini terjadi pada 2012. (Foto- Ulet Ifansasti/Greenpeace via Auriga)

Bisnis, JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengemukakan data deforestasi Indonesia yang telah mengalami penurunan drastis di sela pertemuan dengan Presiden Komisi Uni Eropa (UE) Ursula von der Leyen di Hiroshima, Jepang. Lalu bagaimana faktanya? 

Dari pertemuan singkat pada Minggu (21/5/2023) itu, Presiden mengemukakan sejumlah isu kepada perwakilan Eropa. Dorongan penyelesaian kerja sama Indonesia EU - CEPA, serta permintaan agar kawasan menerapkan kebijakan EU Deforestation Regulation (EUDR) secara transparan dan objektif. 

Regulasi terbaru Eropa menghendaki komoditas yang masuk ke kawasan itu \ bebas dari produk deforestasi. Maksudnya, hasil perkebunan seperti sawit, kopi, kakao, karet, kedelai, daging serta produk turunan yang masuk ke Uni Eropa wajib melalui uji tuntas bebas deforestasi terlebih dahulu. 

Jokowi menyebut bahwa sejak awal Indonesia telah menyatakan keberatan atas aturan tersebut. Sebab, regulasi ini dipandang dapat menghambat perdagangan dan merugikan petani kecil di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir
company-logo

Lanjutkan Membaca

Membuktikan Ucapan Jokowi Soal Angka Deforestasi RI ke Uni Eropa

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.