Memecut Rasio Pajak yang Masih Jalan di Tempat

Pekerjaan rumah Indonesia untuk meningkatkan rasio pajak tampaknya masih panjang. Pasalnya, dengan target ambisius pendapatan pajak tahun depan, catatan historis menunjukkan pertumbuhan tax ratio Indonesia bergerak sangat lambat.

Nindya Aldila

30 Agt 2023 - 20.21
A-
A+
Memecut Rasio Pajak yang Masih Jalan di Tempat

Seorang petugas pajak melayani pengunjung di KPP Pratama Jakarta. (Bisnis/Fanny Kusumawardhani)

Bisnis, JAKARTA - Pekerjaan rumah Indonesia untuk meningkatkan rasio pajak tampaknya masih panjang. Pasalnya, dengan target ambisius pendapatan pajak tahun depan, catatan historis menunjukkan pertumbuhan tax ratio Indonesia bergerak sangat lambat.

Agak mengejutkan ketika mengetahui bahwa perbandingan antara penerimaan negara terhadap produk domestik bruto (PDB) atau biasa disebut dengan rasio pajak Indonesia ternyata setara dengan sejumlah negara yang tingkat pembangunannya rendah seperti di Afrika. Pada tahun ini, target tax ratio Indonesia dipatok 9,61 persen.

Dilihat secara global, Indonesia berada di urutan ke-14 terbawah soal rasio penerimaan negara terhadap PDB. Negara-negara dengan skor rasio 13 persenan adalah Indonesia, Guinea (13,66 persen), dan Republik Afrika Selatan (13,67 persen).

Tren tax ratio memang sudah menurun sejak 2008. Indonesia juga tercatat termasuk negara dengan tax ratio terendah di antara mitra Asean-nya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Nindya Aldila
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.