Memetakan Potensi Fintech Klaster Urun Dana yang Kian Ramai

Industri teknologi finansial urun dana atau securities crowdfunding berpotensi bertambah ramai, menilik banyaknya kebutuhan penerbitan saham bisnis UMKM.

Asteria Desi Kartikasari

13 Jun 2022 - 16.08
A-
A+
Memetakan Potensi Fintech Klaster Urun Dana yang Kian Ramai

Ilustrasi skema investasi crowdfunding/Freepik.com

Bisnis, JAKARTA— Industri finansial berbasis teknologi atau fintech klaster securities crowdfunding (SCF) atau disebut urun dana mulai ramai setelah pemain anyar masuk. Setidaknya terdapat tiga pemain baru yang telah direstui otoritas pada tahun ini.

Dengan masuknya tiga fintech klaster urun dana tersebut tersebut semakin menggenapi jumlah pelaku usaha disektor tersebut menjadi 10 platform. Otoritas Jasa Keuangan mencatat total penghimpunan dana kumulatif per 3 Juni 2022 telah mencapai Rp507,2 miliar kepada 237 pelaku usaha selaku Penerbit Efek.

Belum lama ini, OJK telah memperluas alternatif pendanaan bagi UMKM melalui crowdfunding atau urun dana. Peraturan sebelumnya memiliki kekuarangan yang belum mengakomodir usaha kecil, yang sebagian besar tidak berbentuk Perseroan terbatas.

Aturan rincinya tertuang dalam POJK 57/2020 tentang Penawaran Efek Melalui Layanan Crowdfunding Berbasis Teknologi Informasi, menggantikan POJK 37/2018 yang semula hanya mengatur layanan crowdfunding berbasis saham dan saham syariah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
company-logo

Lanjutkan Membaca

Memetakan Potensi Fintech Klaster Urun Dana yang Kian Ramai

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.