Free

Memilih Sepeda Motor untuk Keluarga

Sepeda motor merupakan sarana transportasi yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Pabrikan pun gencang menawarkan memasarkan model terbarunya. Ada beberapa pertimbangan untuk merekomendasikan sepeda motor yang cocok bagi keluarga.

Fatkhul Maskur

28 Nov 2022 - 22.30
A-
A+
Memilih Sepeda Motor untuk Keluarga

Sepeda Motor Listrik Gesits. - Foto Bisnis

Bisnis, JAKARTA - Sepeda motor merupakan sarana transportasi yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Pabrikan pun gencang menawarkan memasarkan model terbarunya. Ada beberapa pertimbangan untuk merekomendasikan sepeda motor yang cocok bagi keluarga.

Berdasarkan data BPS, jumlah sepeda motor pada 2020 sebanyak 112.771.136 unit. Adapun data Korlantas Polri menunjukkan bahwa populasi kendaraan bermotor roda dua per 1 September 2022 telah mencapai 120.176.883 unit. 

Dengan jumlah penduduk Indonesia pada 30 Juni 2022 sebanyak 275.361.267 jiwa maka rasio kepemilikan sepeda motor di masyarakat Indonesia telah mencapai 43,64%. Satu dari dua penduduk Indonesia memiliki sepeda motor.

Adapun jumlah keluarga Indonesia pada 2019 tercatat sekitar 68.700.700 rumah tangga. Dengan demikian, setiap keluarga di Indonesia memiliki rata-rata memiliki satu atau dua sepeda motor di rumahnya.

Ada beberapa alasan keluarga Indonesia menjadikan sepeda motor sebagai kendaraan favorit mereka, mulai dari segi tampilannya yang bergaya, keandalan di berbagai tipe jalan, keekonomian bahan bakar dan biaya operasional, hingga faktor harga yang terjangkau.

Ada beberapa jenis sepeda motor di pasar yang bisa dipilih berdasarkan sejumlah pertimbangan, seperti selera, kebutuhan, hobi, hingga kesesuaian dengan karakter kepribadian pengguna. Bagi keluarga, faktor keandalan fungsi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari umumnya menjadi pertimbangan pertama.

"Tujuan Anda memiliki sepeda motor juga harus jadi pertimbangan sebelum membeli sepeda motor. Pastikan Anda memilih sepeda motor yang sesuai dengan kebutuhan Anda, jangan hanya karena tampilan atau gengsinya saja," seperti dikutip dari situs Suzuki.co.id.

Bagi mereka yang berkeluarga, sepeda motor biasanya digunakan untuk berbagai macam kebutuhan transportasi, mulai dari pulang pergi bekerja, belanja ke pasar, antar-jempur anak sekolah, hingga anjang sana ke sanak saudara.

Oleh karena itu, sepeda motor keluarga biasanya merupakan kendaraan yang memang digunakan untuk keperluan sehari-hari. Oleh karena itu, Suzuki merekomendasikan sepeda motor yang irit bensin dan hemat biaya perawatan, modelnya sederhana, serta andal dan nyaman dikendarai baik jarak jauh maupun jarak dekat.

Pastikan sepeda motor harian juga memiliki mesin yang tangguh dan gesit untuk menyalip di tengah jalanan yang padat. 

Seperti halnya kebanyakan keluarga Indonesia, rekomendasi akan sepeda motor keluarga cenderung pada tipe bebek dan skutik, ketimbang sepeda motor sport atau motor trail.

1. Motor Bebek

Motor ini merupakan jenis motor yang sangat umum ditemui di Indonesia. Terdapat dua pilihan transmisi yang biasanya ada pada motor bebek yaitu manual dan matik. Bentuknya bodinya yang sederhana serta kapasitas mesinnya yang tidak terlalu besar tetapi memiliki mesin yang tangguh untuk berkendara bahkan untuk jarak jauh, membuat motor bebek digemari oleh banyak orang. 

Beberapa model favorit : Honda Supra, Honda Revo, Yamaha Jupiter, Honda Blade, Yamaha Vega

2. Motor Matic

 Jenis motor yang satu ini sudah tersohor akan kepraktisannya untuk jadi kendaraan harian. Motor matic cocok digunakan di jalanan yang sering macet, karena lebih mudah dikendarai. 

Tak perlu mengoper gigi, cukup nyalakan tombol starter dan bisa langsung bermanuver. Karena modelnya yang ringkas dan kadang hadir dengan berbagai warna yang menarik, membuat motor matic cocok untuk segala jenis kalangan baik pria atau wanita. 

 Beberapa model favorit : Honda Beat, Honda Vario, Yamaha Mio, Honda Scoopy, Honda PCX, Yamaha Nmax, Yamaha Lexi, Suzuki Address, Suzuki Nex

3. Motor Listrik

Kini muncul sederet kendaraan bertenaga listrik yang mengadopsi desain motor bebek dan skutik. Ini juga cocok sebagai kendaraan keluarga. Selain harganya yang lumayan miring, biaya operasionalnya juga murah.

Di samping itu, sepeda motor listrik juga memiliki keandalan fungsi yang tidak kalah dengan motor bensin, kecuali daya tempuhnya yang lebih cocok untuk jarak dekat.

Beberapa model favorit : Gesits, Selis E-Max, Smoot Tempur, Viar Q1, Uwinfly LN Pro, United Motorcycle T1800

4. Motor Sport

Sepeda motor ini punya tampilan maskulin. Memiliki tenaga dan akselerasi yang lebih cepat dibanding motor biasa. Kapasitas motor sport biasanya berkisar 150cc - 1000cc. Cocok untuk perjalanan jarak jauh dan kendaraan hobi, meski bisa juga untuk kendaraan sehari-hari.

5. Motor Trail 

Jenis motor ini lebih cocok untuk digunakan sebagai kendaraan hobi. Sebab jenis motor ini didesain dengan torsi besar namun berbobot ringan, sehingga mampu melibas medan menantang seperti pegunungan dan juga tanah berlumpur sekalipun. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.