Memoles Pamor Baterai Nikel Kala LFP dan Sodium-Ion Naik Daun

Pamor nikel, litium, dan kobalt yang selama ini bisa dibilang menjadi logam penting dalam industri baterai, mulai meredup. Harga ketiga komoditas logam itu sepanjang tahun lalu juga cukup merana, bahkan untuk litium turun hampir 70% dan nikel turun 40%.

Tim Redaksi

30 Jan 2024 - 12.23
A-
A+
Memoles Pamor Baterai Nikel Kala LFP dan Sodium-Ion Naik Daun

Baterai mobil listrik. - Foto Repro

Bisnis, JAKARTA — Bermunculannya sejumlah material alternatif sebagai bahan baku baterai kendaraan listrik membuat persaingan industri baterai kendaraan terelektrifikasi tersebut kian menarik untuk dicermati.

Terlebih, pamor nikel, litium, dan kobalt yang selama ini bisa dibilang menjadi logam penting dalam industri baterai, mulai meredup. Harga ketiga komoditas logam itu sepanjang tahun lalu juga cukup merana, bahkan untuk litium turun hampir 70% dan nikel turun 40%.

Belakangan, lithium ferro phosphate atau baterai LFP menjadi viral sebagai bahan baku baterai setelah menjadi salah satu topik perdebatan dalam ajang Debat Cawapres, Minggu (20/1/2024).

Masih hangat perbincangan mengenai baterai LFP, kini muncul lagi pesaing baru untuk baterai NMC (Nickel Manganese Cobalt), yakni baterai dengan sodium-ion yang menawarkan harga jauh lebih murah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
company-logo

Lanjutkan Membaca

Memoles Pamor Baterai Nikel Kala LFP dan Sodium-Ion Naik Daun

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.