Memotret Ekonomi Eropa di Tengah Prediksi Resesi 2022

Eropa diprediksi tim analis Goldman Sach mengalami kontraksi ekonomi yang mengarah ke resesi. Kondisi itu terjadi pada paruh kedua hingga akhir tahun tahun 2022.

Saeno

22 Agt 2022 - 18.09
A-
A+
Memotret Ekonomi Eropa di Tengah Prediksi Resesi 2022

Markas Uni Eropa di Brussels/Anadolu

Bisnis, JAKARTA – Kawasan Eropa pada paruh kedua tahun ini diprediksi mengalami gonjang-ganjing perekonomian. Eropa diprediksi tim analis Goldman Sach mengalami kontraksi ekonomi yang mengarah ke resesi. Kondisi itu terjadi pada paruh kedua hingga akhir tahun tahun 2022.

Prediksi yang dikutip Bisnis.com dari Bloomber pada Rabu (27/7/2022) itu tak ubahnya kutukan yang membayangi pergerakan ekonomi Eropa. Tim analis Goldman yang dipimpin Jari Stehn memprediksi resesi berlangsung hingga akhir tahun. Sementara itu, kontraksi pertumbuhan ekonomi sebesar 0,1 persen diperkirakan terjadi pada kuartal III dan 0,2 persen pada kuartal IV/2022. Ekonomi Eropa diproyeksikan kembali pulih pada 2023.

Gangguan pasokan energi dari Rusia, berakhirnya pemulihan pascapandemi di sektor jasa, momentum global yang lebih lemah, serta turbulensi politik di Italia yang dapat menunda pencairan bantuan Uni Eropa dinilai sebagai faktor penyebab memburuknya perekonomian Eropa.

Goldman menilai risiko lebih condong ke arah resesi yang lebih tajam jika terjadi gangguan aliran gas. Terkait ancaman krisis energy, Eropa bisa jadi sedang menanti dampak kerja sama Jerman dengan Kanada dalam pengadaan hidrogen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.