Memotret Potensi Desa Lewat Data Pertanahan

Jika peta tematik berbasis bidang tersebut sudah terbentuk dan desa melengkapinya lebih rinci maka perencanaan pembangunan setiap tahunnya akan lebih baik, tepat sasaran, dan berkelanjutan karena berdasarkan basis data yang akurat.

Rustam Agus

17 Mar 2022 - 15.30
A-
A+
Memotret Potensi Desa Lewat Data Pertanahan

Hamparan sawah dengan sistem terasering / istimewa

Bisnis, JAKARTA – Pengembangan potensi perdesaan memang selayak berbasis data akurat agar lebih tepat sasaran dan berkelanjutan termasuk gambaran besar sumber daya lahan dan arah pemanfaatannya. 

Salah satu data penting yang dibutuhkan adalah pembentukan peta tematik berbasis bidang yang juga memuat jelas rincian kepemilikan dan pemanfaatannya selama ini.

Karena itulah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Jawa Tengah sejak 2020 mengagas program trisula pertanahan yang bermaksud membentuk basis data terpadu di desa guna mendukung pembangunan yang lebih tepat sasaran.

Sejatinya program tersebut untuk mempercepat capaian pendataan tanah melalui program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) sekaigus pencegahan sengketa tanah di daerah itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rustam Agus
company-logo

Lanjutkan Membaca

Memotret Potensi Desa Lewat Data Pertanahan

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.