Free

Memperkenalkan Industri Alat Kesehatan RI via Expomed Euroasia

Hadirnya Indonesia dalam ajang Expomed Euroasia 2024 krusial bagi pembangunan ekosistem industri.

Redaksi

29 Apr 2024 - 18.38
A-
A+
Memperkenalkan Industri Alat Kesehatan RI via Expomed Euroasia

Ilustrasi alat kesehatan

Bisnis, JAKARTA – Sembilan perusahaan alat kesehatan Indonesia hadiri ajang EXPOMED EUROASIA 2024 di Turki pada 25—27 April 2024. Keikutsertaan ini merupakan hasil kolaborasi Kementerian Perindustrian dengan KBRI Ankara. 

Juru Bicara Kemenperin Febri Hendri Antoni Arif menyampaikan bahwa Expomed Euroasia 2024 merupakan ajang untuk memperkenalkan industri alat kesehatan asal Indonesia. Agenda tersebut juga diharapkan menjadi momentum penetrasi pasar internasional khususnya di Eropa.

“Kehadiran Kemenperin pada ajang internasional tersebut bertujuan untuk memperkenalkan potensi industri alat kesehatan di Indonesia sebagai bagian dalam upaya penetrasi pasar internasional khususnya pasar Eropa melalui Turki sebagai penghubungnya,” ujar Febri dikutip dari pernyataan resmi Kemenperin di Jakarta, Minggu (28/4/2024). 

Baca juga: Faktor Penyebab Bahan Baku Obat Impor Lebih Murah

Sebanyak sembilan perusahaan alat kesehatan asal Indonesia menjadi peserta di antara 700 peserta lainnya dari 16 negara. Kesembilan perusahaan yang menjadi peserta telah lolos proses kurasi adalah PT Sugih Instrumendo AbadiPT Marthys Orthopaedic, Indonesia, dan PT Rejeki Putra Putri Eliman.

Lalu, PT Cahaya Hasil Cemerlang Multi Manufaktur, PT Haloni Jane TbkPT Oneject IndonesiaPT Prodia Diagnostic LinePT Graha Teknomedika, dan PT Kusuma Sukses Makmur.

 

 

Febri menjelaskan bahwa perusahaan tersebut sudah memiliki kualitas dan spesifikasi berstandar global. Penyelenggaraan Expomed Euroasia di Turki juga berpengaruh positif mengingat Turki merupakan negara hub perekonomian antara Eropa, Asia, bahkan Afrika. 

Target pengunjung pada tahun ini mencapai 200.000 orang. Beberapa bidang yang dipamerkan antara lain peralatan medis, perbekalan medis,dan perawatan kesehatan. 

Sebanyak 700 peserta yang hadir diiringi dengan penampilan 1.000 merek dari berbagai kategori. Pembagian kategori yang ditampilkan mulai dari peralatan dan teknologi elektromedis hingga produk yang dijual bebas. 

Baca juga: Mengungkit Pemanfaatan Potensi Aset Indikasi Geografis

Direktur Industri Permesinan dan Alat Mesin Pertanian Kemenperin Yan Sibarang menyebutkan hadirnya Indonesia dalam ajang Expomed Euroasia 2024 krusial bagi pembangunan ekosistem industri. Yan juga berharap adanya sejumlah forum bisnis setelah gelaran acara berakhir.

“Melalui keikutsertaan Indonesia ini diharapkan kita dapat menyambut potensi kolaborasi dengan berbagai mitra internasional,” tutur Yan. (Muhammad Nishfi Azriel)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.