Mempertebal Cuan Devisa Rumput Laut

Besarnya permintaan China, Korea Selatan, Chile, Vietnam, dan Prancis mendorong KKP mencanangkan program kampung budi daya rumput laut guna mempertebal cuan devisa yang dihasilkan dari ekspor.

Rustam Agus

21 Apr 2022 - 18.00
A-
A+
Mempertebal Cuan Devisa Rumput Laut

Panen rumput laut / Istmewa

Bisnis, JAKARTA – Rumput laut merupakan salah satu komoditas andalan ekspor dari sektor kelautan dan perikanan yang memiliki prospek cerah sehingga produksinya patut ditingkatkan di berbagai sudut perairan pesisir di Tanah Air.

Kinerja ekspor rumput laut mulai mencatat kinerja positif selama Januari-Oktober 2021 seiring terus menguatnya permintaan pasar global seiring meningkatnya kesadaran masyarakat akan gaya hidup sehat. 

Rumput laut sebagai salah satu bahan baku makanan olahan dan farmasi diprediksi tetap memiliki permintaan tinggi terutama dari dari mitra dagang utama yaitu Tiongkok.

Kajian IEB Institute menunjukkan nilai ekspor rumput laut selama periode 10 bulan 2021 naik 20,42 persen secara tahunan (year-on-year) dengan nilai ekspor US$177,99 juta. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rustam Agus
company-logo

Lanjutkan Membaca

Mempertebal Cuan Devisa Rumput Laut

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.