Memulai Era Baru Transportasi Ular Besi Dalam Negeri

Pemerintah memandang peresmian infrastruktur bernilai Rp113 triliun ini menandai dimulainya era baru modernisasi transportasi publik di Tanah Air.

Rayful Mudassir

2 Okt 2023 - 18.21
A-
A+
Memulai Era Baru Transportasi Ular Besi Dalam Negeri

Rangkaian Electric Multiple Unit (EMU) Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) saat berada di Stasiun KCJB Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Rabu (13/9/2023). Kementerian Perhubungan memastikan bahwa KCJB akan diresmikan sekaligus beroperasi pada 1 Oktober 2023. Untuk meningkatkan konektivitas, KCJB akan terkoneksi dengan LRT Jabodebek, Feeder Kereta Api Indonesia (KAI), Commuter Line Bandung Raya, Bus Rapid Transit, Shuttle, dan Taksi. Bisnis/Rachman

Bisnis, JAKARTA - Suara sirine terdengar jelas di lantai atas Stasiun KCIC Halim pada Senin (2/10/2023) pagi. Bunyi ini menandai diresmikannya Kereta Cepat Jakarta - Bandung, proyek bernilai Rp113 triliun tersebut. 

Jauh sebelum diresmikan, kereta cepat ini mengalami sejumlah masalah. Mulai dari lambatnya proses pengadaan tanah, penundaan pembangunan akibat pandemi hingga pembengkakan biaya. Kereta cepat bahkan molor empat tahun dari target pada 2019.

Secara terbuka, pemerintah mengakui kendala ini. Pun begitu, Presiden Joko Widodo memaklumi teknologi baru akan memunculkan hal yang tidak terduga. Begitupun kesulitan di lapangan, masalah-masalah dan ketidaksempurnaan. 

“Pengalaman ini mahal dan sangat berharga. Kita tidak perlu takut,” katanya saat meresmikan proyek tersebut di Stasiun KCIC Halim, Jakarta Timur, Senin (2/10/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir
company-logo

Lanjutkan Membaca

Memulai Era Baru Transportasi Ular Besi Dalam Negeri

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.