Memulai Society 5.0 di Indonesia

Demi mengembangkan society 5.0 atau masyarakat 5.0, Indonesia setidaknya membutuhkan prasyarat pemerataan infrastruktur digital.

Rinaldi Azka

23 Nov 2023 - 20.32
A-
A+
Memulai Society 5.0 di Indonesia

Ilustrasi infrastruktur digital./BISNIS-RACHMAN

Bisnis, JAKARTA - Indonesia memerlukan kolaborasi demi membangun society 5.0 terutama dalam mengembangkan pemerataan infrastruktur digital sebagai landasan pengembangan masyarakat baru ini.

Society 5.0 atau masyarakat 5.0/masyarakat super pintar adalah konsep masyarakat masa depan yang diusulkan oleh Jepang. Masyarakat 5.0 merupakan masyarakat yang berpusat pada manusia yang menyeimbangkan kemajuan ekonomi dengan penyelesaian masalah sosial melalui sistem yang sangat mengintegrasikan dunia maya dan ruang fisik.

Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kominfo Ismail mengatakan bahwa pemerintah Indonesia memberikan dukungan penuh terhadap upaya berbagai pihak untuk membangun infrastruktur digital lebih merata dan mendorong kepemimpinan digital di Indonesia. 

"Indonesia berkomitmen penuh untuk mengoptimalkan pertumbuhan ekosistem digital melalui berbagai inisiatif," ungkapnya, Kamis (23/11/2023).

Ismail menambahkan bahwa kolaborasi dapat menjadi kunci membangun Society 5.0. Dalam kolaborasi ini, pemerintah harus pandai menjadi orkestrator, penyedia layanan telekomunikasi dari sisi infrastruktur juga harus berjalan berkelanjutan dan terjamin memastikan kesiapan infrastruktur. 

BACA JUGA : Menepis Tantangan Klasik Penghambat Produksi Hulu Migas 

"Di sisi lain, aplikasi dan solusi kreatif dari anak bangsa kita juga harus tumbuh dengan cepat dan tepat untuk mendukung digital talent yang akan muncul dari generasi muda kita di masa depan," ungkapnya.

Indonesia membuka peluang menuju era digital unggul, yang memberikan manfaat dan implikasi positif untuk industri, individu, dan masyarakat. Di sektor industri, inovasi menjadi krusial menghadirkan solusi yang optimal dalam mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi masyarakat.

Bagi individu, penerapan konsep Society 5.0 berdampak signifikan terhadap cara berpikir dan perilaku, baik pada tingkat individu maupun masyarakat secara keseluruhan. 

BACA JUGA : Penyebab Kinerja Ekspor Industri Manufaktur Melemah

Manfaatnya bagi Indonesia mencakup peningkatan dan optimalisasi kualitas layanan publik, peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat, serta pertumbuhan ekonomi melalui transformasi pola kerja dan bisnis. Hal ini pada akhirnya dapat berpengaruh positif pada pendapatan.

President Director Lintas Teknologi Indonesia Muhamad Paisol menyampaikan pentingnya inovasi digital, bisnis berkelanjutan, big data dan AI (Artificial Intelligence) dan peran krusial perusahaan telekomunikasi dalam membentuk peta jalan digital Indonesia.

“Harapan kami kolaborasi antar sektor industri, pelaku bisnis, penyedia teknologi dan pemangku kebijakan, dapat melahirkan berbagai inovasi pengembangan teknologi dan ekosistem ekonomi digital di tanah air,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.