Memuluskan Jalan Indonesia Jadi Pemain Utama Penyimpanan Karbon

Pemerintah bakal segera menelurkan Peraturan Presiden (Perpres) tentang Carbon Capture Storage (CCS) dan Carbon Capture Utilization and Storage (CCUS) yang mengatur soal penerapan teknologi CCS hingga impor karbon.

Stepanus I Nyoman A. Wahyudi & Ibeth Nurbaiti

23 Jan 2024 - 21.00
A-
A+
Memuluskan Jalan Indonesia Jadi Pemain Utama Penyimpanan Karbon

Melalui perpres yang dirancang, pemerintah berupaya memperluas implementasi teknologi CCS/CCUS ke luar wilayah kerja (WK) migas. - Foto Bisnis

Bisnis, JAKARTA — Besarnya potensi penyimpanan karbon dioksida (CO2) di Indonesia menjadi peluang bisnis dan investasi yang signifikan di dalam negeri. Indonesia pun berpotensi menjadi pemain utama penyimpanan karbon setidaknya di kawasan Asia Tenggara.

Terlebih, industri di dalam negeri sudah memiliki skema perdagangan karbon yang mapan. Ditambah lagi, Indonesia memiliki potensi besar untuk mengembangkan secara bertahap ekosistem fasilitas penangkapan, pemanfaatan, dan penyimpanan karbon tersebut. 

Tidak lama lagi, pemerintah juga bakal segera menelurkan Peraturan Presiden (Perpres) tentang Carbon Capture Storage (CCS) dan Carbon Capture Utilization and Storage (CCUS) yang mengatur soal penerapan teknologi CCS hingga impor karbon.

Tak heran jika sebelumnya sejumlah perusahaan raksasa minyak dan gas bumi (migas) global beramai-ramai mengincar peluang kerja sama pengelolaaan karbon di Indonesia. Di dalam negeri, pemerintah secara terbuka juga mengundang semua pemangku kepentingan di industri CCS untuk memanfaatkan potensi penyimpanan karbon di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.