Memuluskan Jalan Penghiliran Bauksit yang Lama Terdiam

Sampai saat ini progres pembangunan smelter bauksit di Tanah Air masih tersendat bahkan jalan di tempat. Dari 12 fasilitas pemurnian bauksit yang ditargetkan, saat ini hanya ada empat smelter yang sudah beroperasi dan delapan smelter masih dalam tahap pembangunan.

Stepanus I Nyoman A. Wahyudi

21 Des 2023 - 20.16
A-
A+
Memuluskan Jalan Penghiliran Bauksit yang Lama Terdiam

Gambar bauksit (bauxite) yang merupakan bijih utama aluminium. Pemerintah tetap kekeh akan menutup keran ekspor bijih bauksit per 10 Juni 2023, meskipun masih menimbulkan pro dan kontra. Istimewa-GNFI

Bisnis, JAKARTA — Banyaknya pekerjaan rumah yang masih menumpuk membuat minat investasi untuk pembangunan pabrik pengolahan dan pemurnian (smelter) bauksit di dalam negeri tidak setinggi investasi pada penghiliran nikel. 

Kalaupun ada investor yang awalnya tertarik membangun smelter bauksit di Indonesia, satu per satu malah menarik diri. Sejauh ini, mayoritas investasi untuk pengolahan bauksit berasal dari China, salah satunya, Shandong Nanshan Aluminium Limited yang diketahui akan memperluas pabrik aluminanya di Pulau Bintan dengan membangun kompleks peleburan aluminium senilai US$6 miliar pada 2028.

Tak heran jika sampai saat ini progres pembangunan smelter bauksit di Tanah Air masih tersendat bahkan jalan di tempat. Dari 12 fasilitas pemurnian bauksit yang ditargetkan, saat ini hanya ada empat smelter yang sudah beroperasi dan delapan smelter masih dalam tahap pembangunan. 

Secara keseluruhan, keempat smelter itu juga menghasilkan produk yang berbeda, yakni smelter grade alumina (SGA), chemical grade alumina (CGA), serta aluminium ingot, dan billet. Di sisi lain, Indonesia baru memiliki satu pabrikan aluminium milik PT Indonesia Asahan Aluminium atau Inalum, Kuala Tanjung, dengan kapasitas input alumina sekitar 500.000 ton setiap tahunnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
company-logo

Lanjutkan Membaca

Memuluskan Jalan Penghiliran Bauksit yang Lama Terdiam

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.