Memuluskan Proyek Penghiliran Batu Bara

Setidaknya, pemerintah menawarkan tiga insentif utama untuk memacu penghiliran batu bara di dalam negeri, selain menyiapkan aturan yang dapat memberikan keleluasaan kepada pelaku usaha untuk bisa melakukan perubahan rencana pengembangan penghiliran.

Lukman Nur Hakim & Ibeth Nurbaiti

14 Jun 2024 - 10.16
A-
A+
Memuluskan Proyek Penghiliran Batu Bara

Proyek gasifikasi batu bara di Tanjung Enim, Sumatra Selatan, yang digagas oleh PT Bukit Asam Tbk. ditetapkan menjadi proyek strategis nasional (PSN) melalui terbitnya Peraturan Presiden (Perpres) No 109 Tahun 2020 yang ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo pada 17 November 2020. Bisnis-ptba.co.id

Bisnis, JAKARTA — Penghiliran batu bara menjadi salah satu strategi yang terus didorong pemerintah agar produksi emas hitam itu yang melimpah ruah di dalam negeri tetap bisa termanfaatkan dengan optimal pada masa transisi energi. 

Terlebih, cadangan batu bara nasional saat ini berdasarkan perhitungan Indonesia Mining Association (IMA), disebut-sebut mencapai 35 miliar ton dengan sumber daya sebesar 134 miliar ton. Kalaupun sebagian di antaranya diperuntukkan bagi ekspor, batu bara nasional masih bisa dimanfaatkan hingga 200 tahun mendatang.

Di sisi lain, faktor keekonomian dan pendanaan kerap menjadi persoalan yang harus dihadapi oleh pelaku usaha dalam proses penghiliran batu bara. Namun, pemerintah sebenarnya juga tidak tinggal diam agar upaya peningkatan nilai tambah emas hitam itu bisa berjalan mulus.

Setidaknya, pemerintah menawarkan tiga insentif utama untuk memacu penghiliran batu bara di dalam negeri, yakni pengurangan tarif royalti batu bara khusus untuk gasifikasi hingga 0%, pengaturan harga batu bara khusus untuk meningkatkan nilai tambah yang dilakukan di mulut tambang, dan masa berlaku Izin Usaha Pertambangan (IUP) batu bara yang dikhususkan untuk gasifikasi sesuai dengan umur ekonomis industri gasifikasi batu bara itu sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.