Memupuk Asa Hulu Migas di Tengah Kecemasan Lifting Minyak

Masih terdapat sejumlah masalah fundamental di hulu migas yang belum dapat terselesaikan, mulai dari penurunan produksi secara alamiah (natural decline) karena banyaknya lapangan tua hingga masalah keekonomian dan monetisasi.

Ibeth Nurbaiti

4 Feb 2024 - 20.19
A-
A+
Memupuk Asa Hulu Migas di Tengah Kecemasan Lifting Minyak

Aktivitas pengeboran di salah satu wilayah kerja offshore (lepas pantai) yang dikelola PT Pertamina Hulu Energi./Istimewa-Dok.Pertamina

Bisnis, JAKARTA — Temuan raksasa dua sumur eksplorasi di Wilayah Kerja South Andaman, Provinsi Aceh dan Wilayah Kerja Geng North, Provinsi Kalimantan Timur memberi secercah asa akan kembalinya masa kejayaan hulu minyak dan gas bumi (migas) nasional.

Di tengah kecemasan masih sulitnya menyelesaikan persoalan produksi siap jual atau lifting migas yang menjadi pekerjaan rumah menahun, temuan Layaran-1 Blok South Andaman dan Geng North-1, Blok North Ganal tersebut telah membawa nama Indonesia kembali masuk dalam peta industri hulu migas global.

Namun di sisi lain, masih terdapat sejumlah masalah fundamental di hulu migas yang belum dapat terselesaikan, mulai dari penurunan produksi secara alamiah (natural decline) karena banyaknya lapangan tua hingga masalah keekonomian dan monetisasi.

Masuknya Indonesia kembali dalam peta industri hulu migas global tentu memunculkan sedikit asa kepada pelaku usaha migas soal prospek investasi ke depannya. Terlebih, temuan yang didominasi oleh gas bumi tersebut menjadi modal kuat untuk pengembangan energi yang rendah emisi menuju energi baru terbarukan (EBT). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan login terlebih dahulu

BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.