Menagih Janji Pemerintah Memperbaiki Iklim Investasi Migas

Produksi migas harus terus ditingkatkan mengingat investasi kian turun karena selain dihadapkan pada isu transisi energi, Indonesia juga harus bersaing dengan negara lain untuk menangkap peluang investasi migas.

Ibeth Nurbaiti

12 Jul 2022 - 12.12
A-
A+
Menagih Janji Pemerintah Memperbaiki Iklim Investasi Migas

Aktivitas Pertamina Hulu Energi Offshore Southeast Sumatra (PHE OSES) di Perairan Kepulauan Seribu, Jakarta, Selasa (14/6/2022). Antara/M Risyal Hidayat

Bisnis, JAKARTA — Peran energi fosil Indonesia baik minyak maupun gas bumi diyakini masih tetap tinggi meskipun desakan transisi energi bersih yang lebih ramah lingkungan terus digaungkan. Hingga puluhan tahun mendatang, peran migas bahkan sangat vital dalam memenuhi kebutuhan energi nasional.

Itu sebabnya, pemerintah dituntut untuk lebih serius lagi meningkatkan daya saing investasi di dalam negeri. Apalagi, kontribusi industri migas terbukti berdampak langsung terhadap perekonomian Indonesia terutama di tengah lonjakan harga minyak dunia telah memberikan keuntungan kepada negara, baik dalam bentuk penerimaan negara bukan pajak (PNBP) maupun pajak pendapatan.

Sejalan dengan itu, pemerintah juga mempunyai target besar lifting minyak bumi menjadi 1 barel per hari (bop) dan lifting gas menjadi 12 miliar standar kaki kubik per hari (Bcfd) pada 2030. 

Baca juga: Putar Otak Mempercantik Investasi Hulu Migas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.