Menagih Komitmen Dekarbonisasi Negara Adidaya di COP27

Perhelatan COP27 di Mesir yang dimulai pada Minggu (6/11/2022) akan menjadi harapan besar bagi negara berkembang untuk mendapatkan pendanaan aksi pencegahan pemanasan global dari negara kaya yang menyumbang gas rumah kaca.

Nindya Aldila

6 Nov 2022 - 18.45
A-
A+
Menagih Komitmen Dekarbonisasi Negara Adidaya di COP27

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpidato pada KTT Pemimpin Dunia tentang Perubahan Iklim atau COP26, di Glasgow, Senin (1/11/2021) - BPMI Setpres/Laily Rachev.

Bisnis, JAKARTA - Perhelatan tahunan paling penting tentang perubahan iklim COP27 di Mesir akan segera dimulai. Kegagalan pada tahun lalu tidak lagi boleh terulang. Sudah saatnya negara kaya yang menjadi penyumbang emisi terbesar membicarakan pertanggungjawaban terhadap bencana akibat krisis lingkungan.  

Di tengah kondisi perekonomian dunia yang dilanda kenaikan harga komoditas, bencana alam ikut menambah kesengsaraan rakyat miskin di banyak negara. Banjir di Pakistan, kekeringan di Eropa dan India, hingga Badai Ian di Florida kembali menjadi pengingat bahwa dunia internasional harus meningkatkan program perubahan iklimnya, termasuk terkait pendanaan.

Pada kenyataannya, dunia masih jauh dari target Perjanjian Paris untuk mengurangi pemanasan global 1,5 derajat celsius. Sementara itu, pertemuan COP26 di Glasgow, Inggris pada 2021 justru menghasilkan kebuntuan karena negara kaya enggan berkomitmen untuk menanggung biaya terhadap apa yang telah disepakati dalam perjanjian tahun 2015 itu.  

Baca juga: Belenggu Ego Ciptakan Kemunduran Target Iklim Dunia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Nindya Aldila
company-logo

Lanjutkan Membaca

Menagih Komitmen Dekarbonisasi Negara Adidaya di COP27

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.