Bisnis, JAKARTA — Pertumbuhan bank digital tahun lalu bagai jamur di musim hujan. Kehadiran mereka pun menantang status quo dari bank-bank konvensional yang selama ini menguasai pasar, sehingga bank-bank besar itu pun buru-buru memperkuat ekosistem digitalnya.
Tahun ini, persaingan antara bank-bank kecil yang bertransformasi menjadi bank digital dengan bank-bank konvensional yang sudah lebih dahulu menguasai pasar, akan makin sengit.
Bagaimana pun, tujuan akhir sebuah bisnis bank adalah untuk menjalankan fungsi intermediasi dan menghasilkan keuntungan dari sana. Bank digital harus mampu membuktikan kebolehannya melalui penyaluran kredit dan menghasilkan keuntungan.
Jika menilik strategi yang dijalankan oleh sejumlah bank digital akhir-akhir ini, umumnya mereka tengah berfokus pada upaya penjaringan nasabah baru agar mau menyimpan dana mereka di bank digital tersebut. Hal ini terlihat dari tingginya tingkat suku bunga simpanan yang ditawarkan.