Menakar Dampak Kenaikan Suku Bunga BI terhadap Perbankan

Keputusan Bank Indonesia untuk menaikkan suku bunga acuan sebesar 25 bps dalam RDG Agustus 2022 dinilai bakal berdampak minim terhadap profitabilitas industri perbankan, mengingat tren perekonomian yang sedang di jalur ekspansif tidak akan terlalu terganggu.

Emanuel Berkah Caesario

25 Agt 2022 - 15.31
A-
A+
Menakar Dampak Kenaikan Suku Bunga BI terhadap Perbankan

Ilustrasi suku bunga. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Keputusan Bank Indonesia untuk menaikkan suku bunga acuan 25 bps dalam Rapat Dewan Gubernur Agustus 2022 ini bukanlah hal yang mengejutkan. Meski tentu bakal berpengaruh terhadap dinamika bisnis perbankan, dampaknya diprediksi minim terhadap profitabilitas bank.

Sejumlah bank papan atas telah melaporkan pertumbuhan kinerja yang signifikan pada paruh pertama tahun ini, seiring dengan bangkitnya permintaan kredit di saat likuiditas yang ditopang dana murah sedang berlimpah. Hal ini menjadikan margin bunga bersih lebih tebal, sehingga laba pun meningkat.

Keputusan Bank Indonesia untuk akhirnya menaikkan suku bunga ke level 3,75 persen setelah cukup lama menahannya tentu saja tidak mengejutkan. Sejumlah besar bank sentral dunia bahkan sudah lebih agresif dalam menaikkan suku bunga acuan mereka.

Kenaikan suku bunga acuan BI tentu saja berimplikasi pada kebijakan suku bunga perbankan. Meskipun demikian, bank memiliki strategi sendiri dalam menyikapi keputusan BI, sehingga kenaikan suku bunga pun tidak akan serta merta terjadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Menakar Dampak Kenaikan Suku Bunga BI terhadap Perbankan

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.