Menakar Dampak Molornya Penyesuaian Harga Baru Rumah Subsidi

Hingga pekan kedua Agustus ini, janji Pemerintah untuk melakukan penyesuaian harga baru rumah subsidi masih ditunggu kalangan pengembang. Sudah 3 tahun harga rumah subsidi tak mengalami perubahan. Padahal, harga bahan baku dan juga tanah telah mengalami kenaikan signifikan sejak tahun lalu.

Yanita Petriella
Aug 12, 2022 - 12:00 PM
A-
A+
Menakar Dampak Molornya Penyesuaian Harga Baru Rumah Subsidi

ilustrasi perumahan subsidi

Bisnis, JAKARTA – Hingga pekan kedua Agustus ini, janji Pemerintah untuk melakukan penyesuaian harga baru rumah subsidi masih ditunggu kalangan pengembang. Sudah 3 tahun harga rumah subsidi tak mengalami perubahan. Padahal, harga bahan baku dan juga tanah telah mengalami kenaikan signifikan sejak tahun lalu.

Adapun harga rumah subsidi saat ini masih menggunakan beleid Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kepmen PUPR) No 242/KPTS/M/2020 yang dikeluarkan pada Maret 2020 yang berisikan aturan pembaharuan terkait harga jual rumah subsidi, batasan penghasilan kredit pemilikan rumah subsidi, besaran suku bunga, lama masa subsidi, batasan luas tanah dan bangunan rumah serta besaran subsidi bantuan uang muka perumahan. 

Meskipun beleid ini mencabut berlakunya Kepmen PUPR No 535/KPTS/M/2019 tentang batasan harga jual rumah sejahtera tapak yang diperoleh melalui kredit/pembiayaan pemilikan rumah bersubsidi yang kala itu diteken oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono pada 18 Juni 2019, namun tak ada perubahan harga rumah subsidi di Kepmen PUPR nomor 242 tahun 2020. 

Penetapan harga rumah subsidi dalam Kepmen PUPR No 535/KPTS/M/2019 mengacu pada Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 81 tahun 2019 tentang batasan rumah umum, pondok boro, asrama mahasiswa dan pelajar, serta perumahan lainnya yang atas penyerahannya dibebaskan dari pengenaan pajak pertambahan nilai yang ditandatangani oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pada 20 Mei 2019 silam. Batasan harga rumah subsidi pada 2019 itu mengalami kenaikan sebesar 3 persen hingga 11 persen atau sekitar Rp7 juta hingga Rp11,5 juta per unit yang tergantung wilayahnya dari harga rumah subsidi tahun 2018. 

Editor: Yanita Petriella
company-logo

Lanjutkan Membaca

Menakar Dampak Molornya Penyesuaian Harga Baru Rumah Subsidi

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ