Menakar Dampak Pelemahan Rupiah pada Ketahanan Bank

Pelemahan rupiah cenderung berdampak buruk bagi dinamika bisnis bank. Meski begitu, pelemahan rupiah saat ini diyakini masih relatif mampu ditangani oleh perbankan.

Fahmi Ahmad Burhan

23 Apr 2024 - 17.14
A-
A+
Menakar Dampak Pelemahan Rupiah pada Ketahanan Bank

Bisnis, JAKARTA — Pelemahan rupiah yang terus berlanjut tahun ini membangkitkan kekhawatiran terhadap ketahanan perekonomian nasional, termasuk sistem perbankan nasional yang sangat rentan terhadap gejolak nilai tukar mata uang global.

Mata uang rupiah terlihat cenderung terus melemah tahun ini, bahkan kini sudah menembus level psikologis Rp16.000 per dolar Amerika Serikat. Berdasarkan data Bloomberg, rupiah ditutup di level Rp16.220 hari ini, Selasa (23/4/2024) pukul 14:55 WIB.

Rupiah terlihat melemah tajam dan menembus Rp16.000 sejak pembukaan perdagangan usai libur Lebaran pekan lalu. Jika dibandingkan dengan posisi rupiah pada akhir 2023 lalu yang di level Rp15.399 per dolar AS, maka mata uang garuda tersebut sudah melemah sebesar 5,33% sepanjang tahun berjalan 2024 atau secara year-to-date (YtD).

Rupiah kembali tembus level Rp16.000 setelah terakhir kali terjadi pada 2020. Jika ditarik mundur, nilai tukar rupiah terhadap dolar memang sempat menembus Rp16.000 pada 3 April 2020. Kala itu nilai tukar mata uang Indonesia menembus Rp16.300 per dolar AS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.