Menakar Efek Larangan Ekspor Gandum India vs Ekspor CPO RI

Pelarangan ekspor gandum India tentunya menjadi kondisi yang cukup memberikan kekhawatiran tersendiri bagi global. Salah satu efeknya, harga komoditas tersebut semakin tinggi, dan pasokan semakin terbatas. Apalagi, harga komoditas yang sebelumnya telah tersengat larangan ekspor CPO terlebih dahulu.

Asteria Desi Kartikasari

17 Mei 2022 - 16.55
A-
A+
Menakar Efek Larangan Ekspor Gandum India vs Ekspor CPO RI

Gandum dan tepung terigu. /Istimewa

Bisnis, JAKARTA— Setelah pelarangan ekspor bahan minyak goreng mentah atau crude palm oil/CPO oleh pemerintah Indonesia, kini giliran pemerintah India yang baru saja mengumumkan kebijakan untuk melakukan pembatasan ekspor gandum. 

Posisi Negeri Bollywood  tersebut tercatat dalam daftar 10 besar eksportir gandum ke pasar global. India menempati posisi 10 di dunia pada 2021, di bawah Rumania. Berdasarkan data trademap.org, pada tahun lalu, volume ekspor gandum dan biji meslin ke pasar global mencapai 4,47 juta ton. Di sisi lainnya, India juga menjadi salah satu negara pemasok gandum bagi para importir di Indonesia. 

Sementara, pada 2021 lalu, India memasok sekitar 318.467 ton biji gandum dan meslin ke Indonesia. Dengan angka tersebut, India menempati peringkat keenam sebagai eksportir gandum terbesar ke Indonesia. 

Adapun porsi ekspor biji gandum dan meslin India ke Indonesia tidak sebesar negara-negara lain seperti Australia dan Ukraina yang masing-masing mencapai 11 juta ton dan 3 juta ton pada tahun lalu. Kendati secara volume porsi tidak terlalu besar, posisi India sebagai mitra dagang tetap diperhitungkan untuk memenuhi kebutuhan gandum di Indonesia.
 
 Sebab, bagi para importir gandum Indonesia terutama yang digunakan untuk industri tepung terigu, India menjadi salah satu pasar incaran untuk memperoleh komoditas itu di pasar global.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
company-logo

Lanjutkan Membaca

Menakar Efek Larangan Ekspor Gandum India vs Ekspor CPO RI

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.