Menakar Efektivitas Larangan Penggunaan Air Tanah di Jakarta

Setiap pemilik atau pengelola bangunan dengan kriteria yang tertera Peraturan Gubernur No. 93/2021 tentang Zona Bebas Air tanah dilarang untuk mengambil dan menggunakan air tanah terhitung 1 Agustus 2023.

Zufrizal

22 Mar 2022 - 18.33
A-
A+
Menakar Efektivitas Larangan Penggunaan Air Tanah di Jakarta

Suasana banjir rob yang menggenangi Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman, Penjaringan, Jakarta, Rabu (1/2/2018). Banjir rob yang merendam kawasan Muara Angke itu disebabkan oleh fenomena Gerhana Super Blue Blood Moon atau bulan besar yang puncaknya terjadi pada 31 Januari 2018. (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Bisnis, JAKARTA — Sejak 30 tahun yang lalu, setiap tanggal 22 Maret masyarakat di muka Bumi ini memperingati Hari Air Sedunia.

Hari Air Sedunia diperingati sebagai usaha untuk menarik perhatian publik masyarakat internasional mengenai pentingnya air bersih bagi kehidupan dan merupakan usaha penyadaran untuk melindungi sumber daya air bersih secara berkelanjutan.

Inisiatif memperingati Hari Air Sedunia diumumkan pada Sidang Umum PBB Ke-47 tanggal 22 Desember 1992 di Rio de Janeiro, Brasil. Sidang tersebut direspons Majelis Umum PBB melalui Resolusi Nomor 147/1993 dengan menetapkan 22 Maret 1993 sebagai perayaan pertama kali Hari Air Sedunia. Sejak saat itulah masyarakat internasional terutama negara-negara anggota PBB setiap tanggal 22 Maret memperingatinya sebagai Hari Air Sedunia dengan berbagai tema, tak terkecuali Indonesia.

Jika kita berbicara tentang masalah air, khususnya air tanah, yang dikaitkan dengan kondisi Ibu Kota Jakarta, eksploitasi air tanah secara besar-besaran sejak beberapa puluh tahun lalu telah menyebabkan Jakarta di ambang bencana besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Zufrizal
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.