Menakar Efektivitas Perpanjangan DP 0 Persen pada Properti Rumah

Dengan DP nol persen ini, konsumen tak perlu membayar uang muka dalam membeli rumah. Pasalnya, banyak para pencari rumah yang keberatan dalam membayar besaran DP sehingga hal inilah yang menjadi hambatan dalam membeli rumah. Namun, program DP nol persen ini tak banyak yang memanfaatkan.

Yanita Petriella

1 Nov 2022 - 20.13
A-
A+
Menakar Efektivitas Perpanjangan DP 0 Persen pada Properti Rumah

Ilustrasi rumah

Bisnis, JAKARTA – Keputusan Bank Indonesia untuk memperpanjang kebijakan pelonggaran rasio loan to value (LTV) dan financing to value (FTV) untuk kredit pemilikan rumah (KPR) serta pembiayaan properti hingga 31 Desember 2023 menjadi angin segar bagi sektor properti hunian setelah berakhirnya pemberian stimulus insentif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) yang Ditanggung Pemerintah (DTP). 

Kebijakan pelonggaran rasio LTV dan FTV ini memungkinkan masyarakat membeli properti menggunakan KPR dengan fasilitas down payment (DP) atau uang muka nol persen.

Dengan DP nol persen ini, konsumen tak perlu membayar uang muka dalam membeli rumah. Pasalnya, banyak para pencari rumah yang keberatan dalam membayar besaran DP sehingga hal inilah yang menjadi hambatan dalam membeli rumah.  

Namun sayangnya, program DP nol persen ini tak banyak yang memanfaatkan. Hal itu karena DP nol persen ini akan berdampak pada besaran cicilan bulanan yang bertambah dan tenor cicilan yang panjang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.